MENJAGA POLA HIDUP SEHAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Kesehatan adalah salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Aktivitas manusia dipengaruhi oleh Kesehatan tubuhnya. Semakin banyak manusia beraktivitas, semakin banyak memerlukan Kesehatan dalam tubuhnya. Dalam waktu sekarang ini masih banyak manusia yang tidak menerapkan gaya hidup Kesehatan dapat dijaga dengan pola hidup sehat seperti berolahraga dan makan makanan bergizi. Jika manusia tidak bisa menjaga pola hidupnya maka manusia akan sakit. Dalam situasi sekarang ini lebih baik mencegah daripada mengobati, oleh karena itu manusia harus memerhatikan pola hidupnya. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana manusia menerapkan pola hidup sehat dengan mudah dan rutin. Diharapkan artikel ini dapat mengajak para manusia untuk menerapkan pola hidup sehat agar terbebas dari virus dan penyakit apapun yang menyerang sistem imunitas tubuh manusia.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat dan salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah makanan. Makanan yang sehat akan menunjang Kesehatan tubuh. Pola makan yang sehat adalah mengkonsumsi makanan yang terdiri dari beraneka ragam makanan bergizi sesuai jumlah dan porsi yang dibutuhkan tubuh. Kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mengatur pola makan sehat menjadi faktor seseorang mengabaikan pola hidup sehat dalam kehidupannya.

Selain itu faktor lain dalam menerapkan pola hidup sehat adalah dengan berolahraga, khususnya olahraga yang bertujuan untuk menjaga sistem imunitas tubuh kita tetap kuat. Orang-orang kebanyakan berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang tidak diinginkan, hal tersebut tidak salah namun alangkah lebih baik dalam kondisi saat ini adalah berolahraga dengan tujuan menjaga imunitas tubuh.

Dalam masa saat ini, imunitas tubuh yang rendah akan sangat mudah diserang oleh virus dan penyakit. Dengan latar belakang permasalahan Kesehatan dengan penerapan pola hidup sehat yang sering diabaikan oleh banyak orang ini  memunculkan ide untuk mengajak orang-orang memperhatikan kesehatannya dengan menerapkan pola hidup yang sehat guna membentengi diri dari segala virus dan penyakit di masa saat ini maupun mendatang.

Hasil penelitian melalui pengamatan saya menunjukkan bahwa masih banyak manusia yang tidak memperhatikan kesehatannya, khususnya di Indonesia. Tingkat Kesehatan penduduk Indonesia tergolong masih rendah karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam memerhatikan pola hidupnya. Orang-orang masih mengabaikan berolahraga dan makan-makanan bergizi, mereka tergolong memakan makanan yang lezat tanpa memikirkan efeknya untuk Kesehatan dirinya sendiri.

Selain mengabaikan Kesehatan fisiknya, orang-orang juga sering mengabaikan Kesehatan mentalnya. Hasil statistik telah menunjukkan masalah Kesehatan mental meningkat seiring pandemi Covid-19 ini. Hal ini dikarenakan hilangnya rasa semangat hidup dari para korban Covid19. Tidak hanya para pengidap Covid-19, orang-orang yang negatif Covid-19 juga turut terkena masalah Kesehatan mental. Hal tersebut karena adanya rasa cemas dan takut pada orang-orang tersebut untuk menjalankan kegiatan sehari-harinya akibat virus Covid-19 ini.

Disamping kurangnya kesadaran orang-orang dalam memperhatikan pola hidup sehatnya, fasilitas Kesehatan di Indonesia juga masih kurang memadai, khususnya di daerah-daerah terpencil yang aksesnya masih sulit di jangkau. Selain itu, kurangnya tenaga medis kompeten di daerah-daerah Indonesia juga. Tercatat jumlah tenaga medis di Indonesia sebanyak 107.707 yang masih belum merata di 34 provinsi di Indonesia.

Apalagi dalam masa pandemi ini, kasus positif COVID-19 terus meningkat di Indonesia, yang menandakan kurangnya rasa peduli masyarakat terhadap pencegahan Covid-19. Masih banyak orang-orang yang tidak menerapkan protokol Kesehatan saat bepergian keluar rumah. Kondisi ini sangat memprihantikan karena jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia cukup tinggi yakni mencapai 321 ribu per tanggal 8 Oktober 2020 dengan total yang sembuh sebanyak 244 ribu dan meninggal dunia sebanyak 11.580 jiwa.

Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga Kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini adalah

  1. Mencuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini. Awali dengan membasahi kedua telapak tangan menggunakan air mengalir. Lalu sabuni telapak tangan dan gosok semua permukaan kulit tangan, termasuk telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, minimal selama 20 detik. Kemudian bilas hingga bersih dengan air mengalir dan keringkan menggunakan kain bersih atau tisu.

  1. Siap sedia hand sanitizer

 WHO merekomendasikan masyarakat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. Sebab, hand sanitizer dengan kandungan 60% atau lebih bisa membunuh virus COVID-19 yang punya ukuran cukup besar, yakni 400-500 mikrometer. Jika kandungan alkohol pada hand sanitizer  tidak sampai 60%, maka ini hanya efektif membunuh bakteri yang berukuran lebih kecil, yakni 0,5-5 mikrometer.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Minum vitamin atau suplemen bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah paparan virus corona. Selain itu juga dengan makan makanan yang mengandung vitamin C untuk menjaga ketahanan dan imunitas tubuh dari virus.

  1. Social distancing

yaitu dengan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama, minimal 1 meter dan menghindari kontak fisik secara langsung dengan orang-orang diluar.

  1. Berolahraga

Berolahraga memiliki banyak manfaat selain menjaga Kesehatan tubuh juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, memperlancar peredaran darah, mengendalikan diabetes, menangkal obesitas, dan lain-lain.

Dengan adanya pandemi Covid-19 yang memaksakan masyarakat untuk menerapkan protokol Kesehatan harus tetap ditaati oleh masyarakat agar pandemi ini segera berakhir. Selain menerapkan protokol Kesehatan kita juga harus lebih peduli dengan Kesehatan diri sendiri dengan menjaga pola hidup yang sehat seperti berolahraga dan makan makanan bergizi agar tubuh kuat dan terhindar dari virus dan penyakit.

Banyak cara yang dapat digunakan untuk menerapkan pola hidup sehat, yang paling utama adalah berolahraga dan memperhatikan pola makan makanan bergizi. Selain itu peningkatan fasilitas Kesehatan dan tenaga medis yang memadai di daerah-daerah juga harus ditingkatkan di Indonesia. Dengan dibuatnya artikel ini, diharapkan akan mendorong orang-orang  lebih peduli dengan Kesehatan dirinya yang nantinya juga akan berdampak kepada orang lain, khususnya saat masa pandemi Covid-19 ini agar pandemi ini segera berakhir.

Reference:

  1. (2020, 24 Maret). Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona Atau Covid-10 Agar Tidak Tertular. Ilovelife.co.id. Diakses pada 10 Oktober 2020, dari https://ilovelife.co.id/blog/cara-menjaga-kesehatan-tubuh-saat-virus-corona-atau-covid-19-agar-tidak-tertular/
  2. Kevin Adrian (2017, 27 November). Beragam Manfaat Olahraga. Alodokter.com. Diakses pada 10 Oktober 2020, dari https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga
  3. Data Tenaga Medis Indonesia. Kemkes.co.id. Diakses pada 10 Oktober 2020, dari http://bppsdmk.kemkes.go.id/info_sdmk/
  4. Galih Pradipta (2020, 8 Oktober). Kasus Positif Corona Indonesia. Cnnindonesia.com. Diakses pada 10 Oktober 2020, dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201008121527-20-555910/kasus-positif-corona-8-oktober-tembus-rekor-baru-4850
  5. (2018, 8 Februari). Metode Observasi. Sosiologis.com. Diakses pada 10 Oktober 2020, dari http://sosiologis.com/metode-observasi
Metta Tedyana