KONSER ECO-FRIENDLY SEBAGAI WUJUD KOMITMEN TERHADAP LINGKUNGAN

Saat ini, kesadaran akan isu-isu peduli lingkungan semakin meningkat. Sebagian besar industri berlomba-lomba mencari cara untuk menyumbangkan usaha mereka dengan tujuan melestarikan bumi. Berbagai industri yang dimaksud rata-rata berasal dari sektor pangan, otomotif, dan elektronik, namun sebenarnya salah satu sektor yang sekarang sedang ramai dan semakin memperhatikan dampak lingkungan adalah industri hiburan. Cara industri musik menjaga kelestarian bumi dan lingkungan adalah dengan mulai mengadakan konser bertemakan eco-friendly, atau konser yang ramah lingkungan. Pengertian konser ramah lingkungan adalah penggunaan sumber energi terbarukan, memakai teknologi baru yaitu penangkap karbon, serta barang-barang lain yang dapat didaur ulang sehingga tidak menghasilkan sampah atau terbuang sia-sia ketika konser selesai.

Mengapa Konser Eco-Friendly Penting

Konser adalah salah satu hiburan yang dicintai di seluruh dunia. Dengan jaman yang semakin maju, perkembangan dunia hiburan khususnya musik pun semakin maju, oleh karena itu muncul-lah pengertian konser atau secara harfiah menurut KBBI berarti pertunjukan musik secara langsung di hadapan penonton atau penggemar musik tersebut. Di Indonesia sendiri tidak jarang diadakan konser baik dari artis dalam negeri maupun luar negeri. Namun, penyelenggaraan konser dalam skala besar seringkali melibatkan penggunaan sumber daya yang besar dan dapat memberikan dampak negatif pada lingkungan. Oleh karena itu, dibuatlah konser bertemakan eco-friendly atau ramah lingkungan yang dianggap penting, antara lain karena konser tradisional seringkali melibatkan penggunaan listrik yang besar, transportasi yang berlimpah, menghasilkan banyak limbah dan dampak negatif lainnya

Sebagai bentuk kepedulian pentingnya menjaga lingkungan, terdapat beberapa praktik tindakan eco-friendly yang dapat dan sudah digunakan dalam penyelenggaraan konser, yaitu antara lain:

  1. Penggunaan energi terbarukan: Menggunakan energi matahari atau angin secara natural untuk menggerakkan acara konser.
  2. Transportasi berkelanjutan: Menghimbau penggunaan transportasi berkelanjutan bagi para pengunjung, transportasi tersebut dapat berbentuk seperti sepeda, transportasi umum, atau carpooling.
  3. Makanan ramah lingkungan: Menyediakan pilihan makanan dan minuman yang lebih berkelanjutan dan mudah di daur ulang, seperti makanan organik atau produk lokal.
  4. Daur ulang dan penyortiran sampah: Menyediakan banyak tempat sampah di setiap sudut dan memfasilitasi pengumpulan serta daur ulang sampah selama acara konser.

Seniman Ternama dan Konser Eco-Friendly

Deretan para seniman atau penyanyi yang mengadakan konser eco-friendly adalah:

  1. Coldplay – Music of The Spheres World Tour (2022)
  2. Billie Eilish – Happier Than Ever World Tour (2022)
  3. Pink – Beautiful Trauma Tour (2018-2019)
  4. Tame Impala – The Slow Rush Tour (2020)
  5. Jack Johnson – Meet The Moonlight Tour (2022)

Gambar 1. Konser Coldplay : Music of The Spheres World Tour

 Sumber : Instagram Coldplay, https://www.instagram.com/p/CtOS0byoyf8/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

 

Konser dunia yang diadakan oleh grup Coldplay dianggap memiliki komitmen paling serius akan rencananya membentuk konser ramah lingkungan dan mereka berhasil menjalankan komitmen tersebut. Selain berjanji untuk menjadi pendonor organisasi lingkungan seperti Rainforest Foundation dan Global Citizen, Coldplay juga menggunakan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan seperti solar, biofuel, kinetic dance floor, agar lantai panggung menghasilkan energi dari gerakan para anggota grup.

Gambar 2. Konser Coldplay : Music of The Spheres World Tour

Sumber : Instagram Coldplay, https://www.instagram.com/p/CsyIMQto0LH/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

Selain itu, berdasarkan situs Sustainability Coldplay yang membahas komitmen grup Coldplay terhadap usahanya dalam mengadakan konser ramah lingkungan, berikut adalah deretan inisiatif selama keberlangsungan konser:

  1. Material panggung dapat digunakan tidak hanya sekali dan rendah karbon.
  2. Sampah organik akan didaur ulang, oleh karena itu tempat sampah akan disediakan di banyak tempat.
  3. Gelang LED yang digunakan para pengunjung dan confetti konser terbuat dari bahan dasar tumbuhan.
  4. Menghimbau pengunjung untuk membawa botol minum, agar mengurangi sampah.

Gambar 3. Sustainability Initiatives.

Sumber : Sustainability.coldplay, https://sustainability.coldplay.com/

Manfaat Konser Eco-Friendly

Tentunya dengan kemunculan konser eco-friendly akan menghasilkan manfaat yang cenderung lebih besar dari mengurangi dampak lingkungan seperti yang kita jalani pada normalnya setiap hari. Manfaat yang dihasilkan secara umum antara lain:

  1. Peningkatan citra: Penyelenggara yang berkomitmen terhadap lingkungan cenderung memiliki citra yang lebih baik di mata publik.
  2. Menginspirasi Penggemar: Konser eco-friendly dapat menjadi inspirasi bagi penggemar untuk mengadopsi perilaku yang lebih ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari mereka.
  3. Kontribusi pada isu global: Dalam skala yang lebih besar, konser eco-friendly membantu memperkuat kesadaran akan isu-isu lingkungan global.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa industri hiburan dapat menghasilkan produk ramah lingkungan khususnya di industri musik, yang mana dapat menghasilkan konser eco-friendly. Konser eco-friendly tersebut tidak semata-mata berbentuk hiburan, namun wujud nyata dari komitmen terhadap lingkungan. Dengan menerapkan praktik-praktik ramah lingkungan, industri musik dapat turun langsung dan memainkan peran penting dalam usaha pelestarian bumi.

Dengan adanya kesadaran yang semakin meningkat tentang isu-isu lingkungan, kita dapat mengharapkan pertumbuhan lebih lanjut dari konser-konser yang bertajuk eco-friendly di masa yang akan datang.

Referensi

Maura Erninda Nadine Manoy, Michelle Valencia Surjadi, Vassel Tsaqif, Pramudita Nararia