DAMPAK PENGGUNAAN PLASTIK TERHADAP LINGKUNGAN

Sumber Gambar : https://media.suara.com/pictures/653×366/2018/04/19/86046-tahun-2050-ada-lebih-banyak-sampah-plastik-di-laut-daripada-ikan.jpg

Permasalahan dengan penggunaan plastik yang berlebih telah menjadi pusat perhatian beberapa saat lalu. Hal ini begitu serius sehingga pemerintah memberlakukan peraturan untuk menagih pembayaran untuk penggunaan kantong plastik di pusat-pusat perbelanjaan. Plastik sangat berbahaya bagi lingkungan sebab plastik tidak mudah terurai di alam. Butuh waktu 100 hingga 500 tahun agar plastik dapat terurai sepenuhnya.

Limbah berupa plastik dapat mencemari air, tanah, dan udara. Partikel-partikel dari plastik dapat meresap ke dalam tanah dan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam nya. Sampah plastik yang terkubur pun akan mengganggu sirkulasi udara dan air di dalam tanah, sehingga dapat mengganggu kesuburan tanah. Partikel beracun plastik pun dapat terlepas ke udara apabila sampah plastik dibakar. Di perairan, sampah plastik pun dapat mencelakakan hewan-hewan air. Mereka dapat terjerat di sampah-sampah plastik tersebut, atau mati karena tidak sengaja mengonsumi nya. Setelah mati, sampah plastik tersebut pun tetap ada di dalam bangkai mereka dan berpotensi mencelakakan hewan lain yang akan mengonsumsi bangkai tersebut.

Kerusakan terhadap alam yang diakibatkan plastik bukan lah hal yang sepele. Dalam bulan Juni 2006 saja, PBB telah memperkirakan terdapat 46,000 sampah plastik per mil mengambang di lautan. Bisa kita bayangkan sudah berapa banyak sampah yang bertambah 13 tahun kemudian, yaitu pada 2019. Setiap tahun, plastik telah membunuh hingga 1 juta burung laut, 100,000 mamalia laut, dan ikan-ikan yang tidak terhitung lagi jumlah nya. Tidak jarang kita mendengar atau melihat sampah plastik yang terdapat di dalam perut hewan yang telah mati. Bila kita tidak mulai mengubah gaya hidup dan ketergantungan kita terhadap plastik, lingkungan sekitar kita akan semakin hancur dan cepat lambat kehancuran tersebut akan mempengaruhi hidup kita.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://alamendah.org/2009/07/23/dampak-plastik-terhadap-lingkungan/

Devrel Wijaya