Pentingnya Pendidikan untuk Anak Usia Dini

Sumber: https://www.gulalives.co

 

 

TFI Student Community adalah community program yang consern terhadap aspek pembelajaran dengan adanya pembinaan komunitas yang bertujuan agar komunitas tersebut dapat lebih mandiri dan dapat meningkat kan kualitas hidup tersebut kususnya bagi perkembangan masa depan anak. komunitas TFI Student Community juga mengadakan kegiatan rutin setiap hari selasa, rabu, dan kamis. kegiatan rutin tersebut adalah bimbel untuk anak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah pertama. TFI Student Community tidak hanya mengajarkan mata pelajaran saja tetapi TFI Student Community juga mengajar kan anak-anak untuk lebih mandiri serta mempunyai kepribadian yang baik. sangat di anjurkan sekali bahwa anak- anak yang berusia dini untuk mendapat pendidikan mulai dari sekarang.

Mengapa pendidikan sangat penting bagi anak unsia dini? pendidikan penting untuk usia dini untuk memberikan persiapan anak untuk kedepannya, dan pada saat ini lah anak membentuk pendidikan yang baik dan bagus. pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik , kecerdasan , sosio emosional bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Menurut Byrnes, pendidikan anak usia dini akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah. “Saat ini, beberapa taman kanak-kanak sudah meminta anak murid yang mau mendaftar di sana sudah bisa membaca dan berhitung. Di masa TK pun sudah mulai diajarkan kemampuan bersosialisasi dan problem solving. Karena kemampuan-kemampuan itu sudah bisa dibentuk sejak usia dini,” jelas Byrnes.

Adapun tujuan utama pendidikan di usia dini adalah agar membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki dunia pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan kedepan nya di saat masa dewasa. Maka dari itulah pendidikan sangat penting bagi orang dewasa bahkan anak- anak yang berusia dini pun juga sangat penting sekali. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Begitu pentingnya pendidikan ini tidak mengherankan apabila banyak negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan pendidikan ini hingga pemerintah Indonesia pun memberikan layanan pendidikan gratis hingga tingkat SMP.

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka:

http://belajarpsikologi.com/pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini/