Tips Menendang Tinggi

Taekwondo, Tae Kwon Do atau Taekwon-Do (Bahasa Korea 태권도 / 跆拳道 [tʰɛ.k͈wʌn.do], pengucapan bahasa Inggrisˌtaɪkwɒnˈdoʊ, orˌtaɪˈkwɒndoʊ) adalah seni bela diri Korea, yang ditandai dengan penekanannya pada tendangan melompat berputar, dan menendang cepat teknik dengan tendangan dan mencolok berada di atas ketinggian pinggang saja, dan tendangan tinggi.

Tendangan tinggi dapat meningkatkan percaya diri dalam Taekwondo. Agar pencapaian dari potensi Anda maksimal, peningkatan kekuatan, keseimbangan, dan kelenturan dibutuhkan sembari penggunaan teknik yang tepat dalam melakukan tendangan. Memang dibutuhkan waktu, namun jika tetap berkomitmen, Anda bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan percaya diri.

Selain percaya diri, penampilan dari luar pun tidak kalah meningkat. Jika dilihat orang banyak Anda akan terlihat lebih profesional, karena tendangan tinggi jarang orang banyak bisa melakukannya. Mungkin hanya di antara orang berbakat yang bisa menendang tinggi. Bakat pun juga diimbangi dengan latihan.

Mau tau tips-tipsnya? Berikut ini tips menendang tinggi.

1) Melakukan Peregangan Dinamis

Pilih tempat untuk melakukan peregangan dinamis dengan panjang ruang setidaknya sembilan meter. Duduk di atas lantai, lebarkan kaki Anda selebar-lebarnya, dan tahan selama sepuluh detik. Setelah itu menyentuh ujung-ujung kaki dengan telapak tangan dan tahan selama sepuluh detik.

2) Meningkatkan Kelenturan dengan Peregangan Statis

Lakukan split. Duduk di atas permukaan tanah dengan kedua kaki terentang selebar mungkin. Tempatkan kedua tangan dengan mantap di depan, sedikit di atas bagian pangkal paha. Ambil posisi hurdle, dengan kaki kanan terentang lurus ke depan dan kaki kiri terentang menekuk ke belakang. Jaga lutut kiri tetap menekuk sampai Anda siap melakukan peregangan.

3) Memperkuat Otot Core

Coba tendangan gunting (scissor kick). Berbaringlah dalam posisi terlentang. Angkat kedua lutut sampai sejajar lantai, sembari mengencangkan otot core di bagian perut. Lakukan pose papan (plank) setiap hari. Ambil posisi menumpu pada empat titik dengan kedua pergelangan tangan berada tepat di bawah kedua bahu.Rentangkan satu kaki ke belakang sampai sepenuhnya terentang, kemudian diikuti kaki yang lain. Ini akan menransfer berat badan Anda pada kedua ujung kaki dan tangan. Pastikan badan dalam keadaan lurus.

4) Memperbaiki Bentuk Tubuh

Tingkatkan keseimbangan. Meningkatkan keseimbangan bisa sangat mendongkrak kemampuan Anda dalam mempertahankan kontrol saat menendang. Anda bisa melatih keseimbangan setiap hari dengan melakukan latihan-latihan sederhana seperti berdiri dengan satu kaki selama sepuluh detik per kaki, atau berjalan heel-to-toe (tumit bertandem dengan ujung kaki) dalam garis lurus.

Jangan pernah coba melakukan tendangan tinggi dengan otot-otot yang masih dingin ya, guys ! Lakukan pemanasan selama 10 menit untuk menghindarkan diri dari cedera.

Sumber: Taekwondo | Cara Menendang Lebih Tinggi