TIPS DIET SEHAT

Salah Paham Arti Diet

Diet GAK HARUS kelaparan!

Banyak orang sering salah memahami diet. Tanpa pengetahuan yang cukup soal nutrisi mereka seringkali membuat program diet yang berbahaya untuk kesehatan. Alhasil bukan jadi kurus, malah jadi sakit!

Diet yang sehat bukan sekedar menahan lapar, tapi harus juga mempertimbangkan kebutuhan tubuh. Masih ingat pelajaran waktu kecil tentang 4 sehat 5 sempurna?
Nah, diet sehat harus tetap memenuhi hal tersebut.

Untuk lebih jelasnya, yuk baca tips-tips di bawah ini.

  • Tetap Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memulai hari kita, karena kita memerlukan banyak energi untuk beraktivitas yang gak bisa tercukupi kalau kita gak sarapan. Kita bisa memulai sarapan lebih awal, agar proses pembakaran lebih cepat dan memilih menu sarapan ringan. Disarankan jangan mengonsumsi banyak karbohidrat di pagi hari karena akan buat kamu mengantuk saat beraktivitas.

  • Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Seperti yang sudah di sebutkan, tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang. Tubuh tetap butuh lemak dan karbohidrat. Tapi kita harus memilih lemak baik seperti yang terkandung di dalam alpukat dan minyak zaitun, serta karbohidrat dalam ubi atau oatmeal.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Nyatanya, kita seringkali makan bukan karena lapar, melainkan rasa bosan atau memang ingin makan. Minum air putih bisa mengurangi nafsu makan berlebihan sehingga makan dapat lebih terkontrol.

  • Cukup Tidur

Kurang tidur akan memicu kita mengonsumsi makanan yang memicu kegemukan seperti soda, alkohol dan makanan lain yang mengandung kafein. Selain itu juga pola tidur yang berantakan membuat kita cenderung merasa lapar, yang berefek pada nafsu makan berlebih.

  • Konsumsi Buah dan Sayur

Meskipun sedang diet, kita tidak boleh melewatkan makan siang dan harus memilih menu yang sehat dan ringan seperti buah dan sayur. Tetap hindari makanan berlemak jahat dan karbohidrat berlebihan.

  • Olah Raga yang Rutin dan Teratur

Olah raga sangat membantu kita dalam proses menurunkan berat badan. Selain itu, olah raga juga baik untuk kesehatan jantung. Biasakan berolahraga sekitar 60 – 90 menit dengan pola 2-4 kali dalam seminggu. Bentuknya bisa berupa jogging, jalan kaki, bersepeda atau latihan Taekwondo setiap Senin dan Rabu bersama Taekwondo Binus! ;;)