Hal yang Wajib Dilakukan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru berarti kamu akan menghidupi kehidupan perkuliahan yang sangat berbeda jauh dengan kehidupan kuliah.
Pada saat kuliah kamu harus lebih mandiri dan inisiatif dalan belajar maupun bergaul karena hal tersebut akan menentukan kehidupan kamu di kampus. Maka dari itu, sebagai mahasiswa baru kamu perlu mengetahui tentang 5 hal yang wajib kamu lakukan begitu masuk kampus agak tidak ketinggalan informasi.

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

1) Cari tahu tempat-tempat penting di kampus
Sebelum memulai perkuliahan yang akan menyita banyak waktu, kamu bisa menyisihkan sedikit waktu untuk mengelilingi kampus. Cari tahu letak tempat-tempat penting yang pasti akan kamu kunjungi.
Contoh : Perpustakaan, Admisi, dan lain-lain
2) Kenalan dengan kakak angkatan
Mengenal banyak kakak angkatan atau senior bisa mendatangkan banyak kebaikan bagimu selama berkuliah. Mulai dari bisa pinjam buku dan catatan perkuliahan hingga info tentang dosen-dosen. Untuk itu jangan ragu untuk berkenalan dengan kakak angkatan.
3) Bersikap positif dan ramah
Kita harus menyapa setiap orang jika ingin menjadi mahasiswa yang baik. Jika ingin dihargai seseorang maka hargailah orang lain itulah maksud bahwa mahasiswa baru harus selalu bersikap positif ramah supaya kehidupan kuliah menjadi menyenangkan dan memperoleh banyak teman baru
4) Jangan bolos
Saat kuliah tidak akan ada orang yang memaksa ataupun mengingatkan kamu untuk masuk kelas. Kamu dituntut untuk dewasa dan bertanggung jawab atas diri kamu sendiri. Hampir semua mata kuliah memiki batas absensi. Walaupun masih banyak mahasiswa yang suka titip absen, tetapi kehadiran kamu di kelas lebih penting. Mendengarkan materi dan mencatat langsung , akan berbeda dengan fotocopy catatan teman. Selain itu kamu juga akan mendapatkan banyak info mengenai mata kuliah tersebut.
5) Bergabung pada organisasi
Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung di organisasi, diantaranya memperluas pergaulan, mendapatkan pengalaman baru, hingga mendapatkan hardskill dan softskill. Kamu juga bisa mendapatkan rasa sense of belonging, karena bergabung di suatu kelompok dengan minat yang sama.