7 TIPS MEMILIH UNIT KEGIATAN MAHASISWA DENGAN CERDAS

Saat memasuki dunia perkuliahan, mahasiswa baru dituntut untuk beradaptasi dengan kehidupan kuliah. Tidak sedikit dari mereka yang sulit untuk move on dari lingkungan SMA, seperti halnya tidak nyaman dengan situasi karena tidak ada teman seperti dimasa sekolah sebelumnya. PadahalInilah awal dari kemandirianmu menjadi mahasiswa. Selagi masih muda gunakanlah waktumu bersosialisasi dengan orang lain. Jangan ragu untuk mengajak kenalan teman baru, supaya bisa lebih nyaman dengan dunia kampus. Caranya pun tidak perlu susah-susah, cukup bergabung di dalam wadah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Karena pada setiap perguruan tinggi tentu memiliki UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), yang mana setiap mahasiswa baru bisa mengikuti dan bergabung bersama mereka. Selain belajar berorganisasi, kamu bisa melatih bagaimana cara berkomunikasi, menyalurkan bakat, menambah relasi dengan teman baru, yang menjadikanmu semakin aktif di kampus.

Binusian yang mungkin saat ini statusnya masih mahasiswa baru, bingung menentukan UKM yang akan dipilih seperti apa dan bagaimana.

Coba deh kalian simak tipsnya di bawah ini.

  1. Cari Tahu UKM yang Tersedia di Kampus

Kiat memilih UKM yanv  adalah mencari tahu terlebih dahulu  organisasi apa saja yang tersedi di kampusmu. Biasanya pengenalan ini akan berlangsung saat masa orientasi mahasiswa. Setiap UKM akan mempromosikan baik secara langsung atau mereka mendirikan sebuah  stand. Eksplore dan tanyakan lebih jauh kepada setiap anggota UKM yang bertugas saat itu sebelum ahirnya kamu menentukan pilihan.

2. Carilah UKM yang sesuai dengan minat bakat dan kemampuan

Ketika sedang pengenalan beberapa program UKM di kampus, pilihlah satu atau dua yang memang benar-benar menarik perhatian kamu. Nah disini nih  garis besarnya yaitu pilih yanv  sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan agar lebih mudah beradaptasi. Karena Semangat akan tumbuh saat seseorang melakukan suatu hal jika ia menguasainya. Berbeda jika kamu asal memilih UKM, jika tidak berminat mungkin waktu akan terbuang sia-sia dan kamu akan merasa bosan maupun tidak nyaman  untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan passionmu.

3.Kamu harus bedakan antara passion dan Hobi

Sedikit sulit untuk membedakan antara passion dan hobi. Sebenarnya tidak ada masalah jika kamu memilih UKM yang sesuai dengan hobi. Tapi alangkah baiknya memilih UKM dari passion yang kamu miliki karena ini adalah panggilan jiwa dan kamu akan melakukannya dengan maksimal dan sepenuh hati yang membuat keberadaanmu dalam organisasi tersebut nyaman. Berbeda dengan hobi, kadang hal ini hanya akan memberikan kepuasan sementara yang semakin lama bisa hilang dan mungkin tidak memberikan manfaat yang nyata.

  1. Pilih UKM yang tidak Mengganggu Jadwal Kuliah

Pilihlah UKM yang kegiatannya tidak bertabrakan dengan jadwal kampus, salah satu caranya adalah menanyakan kepada senior organisasimu. Jangan sampai mengganggu jam kuliah, karena anggota UKM tidak semuanya tergabung dari satu fakultas. Setiap fakultas memiliki kegiatan pembelajaran yang berbeda-beda.

Dengan begitu kamu bisa mengetahui UKM mana yang tidak mengganggu kegiatan perkuliahanmu. Saat perkuliahanmu terganggu, salah satu ancamannya adalah materi kuliah tidak bisa dipahami dengan baik dan nilaimu bisa menurun.

  1. Pahami betul program kegiatannya

Mahasiswa baru sudah saatnya kamu dituntut untuk berpikir kritis. Dari sekian banyak UKM yang ditawarkan, perlu kamu cermati program kegiatannya. Pilih yang kegiatan yang memberi nilai  positif untuk kehidupan kamu ke depannya dan pastinya bermanfaat saat kamu melakukan rutinitas kegiatannya.

  1. Jangan Pilih UKM hanya Karena Ajakan Teman

Tidak sedikit dari mereka yang tergabung dalam UKM hanya karena melihat teman atau ajakan teman. Jika ajakan teman tidak berbeda dengan passionmu tidaklah masalah. Namun lain halnya jika passionmu bertentangan dengan UKM yang dipilih karena ajakan teman. Bisa jadi kamu tidak bertahan lama di UKM tersebut. Karena membuatmu tidak nyaman saat melakukan kegiatan UKM tersebut.

  1. Tetap Prioritaskan Kuliah

Bergabung bersama UKM di kampus tidaklah salah, justru cukup dianjurkan untuk menambah pengalaman berorganisasi dan mengembangkan bakat yang dimiliki. Namun yang jadi masalah, saat ada kegiatan diluar kampus dan kamu melalaikan kewajiban sebagai mahasiswa karena jadwal UKM dan Kegiatanmu bertabrakan.

Maka dari itu antara waktu belajar dan berorganisasi haruslah seimbang. Manfaat yang didapat pun lebih banyak seperti nilai tambah dari managemen waktu, kamu tidak akan ketinggalan materi perkuliahan.