Upaya untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Akhir-akhir ini dunia sedang dihebohkan dengan munculnya virus corona. Virus ini berasal dari hewan mamalia dan dapat menular ke manusia. Kita dapat melakukan beberapa hal untuk membuat beberapa perubahan penting pada pikiran, tindakan, dan kebiasaan kita. Berikut ini 9 upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

1.) Sering Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

2.) Makan Makanan dengan Gizi Seimbang

Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, kita bisa mengonsumsi makanan pendukung kekebalan seperti buah jeruk, bawang putih, brokoli, dan bayam. Jika sistem kekebalan tubuh sudah lemah, ada baiknya juga untuk melengkapi dengan vitamin dan mineral utama yang mungkin telah terkuras seperti Vitamin C, Vitamin B, Vitamin D, dan seng.

3.) Minum Air Putih Minimal 8 (delapan) Gelas Sehari

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk minum air putih dan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

4.) Menutup Mulut dan Hidung dengan Masker/Tissue/dan Penutup lainnya jika Bersin, Batuk atau Pilek

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

5.) Tidak Merokok

Olahraga dapat menjadi salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tetapi kita harus berhati-hati karena terlalu banyak olahraga membuat akan membuat tubuh merasakan lelah dan dapat memengaruhi kekebalan tubuh.

6.) Rajin Berolahraga dan Istirahat yang Cukup

Banyak dari kita yang melakukan kegiatan sehari-hari dalam kondisi kelelahan. Tetapi setiap kali tetap terjaga ketika tubuh ingin tidur, kita meningkatkan stres dan melukai sistem kekebalan tubuh. Jika kita mengonsumsi minuman kafein sepanjang waktu, mungkin kita tidak menyadari betapa lelahnya kita.

7.) Hati-Hati saat Berinteraksi dengan Hewan

Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut. Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang.

8.) Tidak Mengonsumsi Daging yang tidak Dimasak dengan Baik

Gula, daging olahan, minyak nabati, dan alkohol cenderung menjadi makanan yang penyebabkan peradangan sehingga mereka dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat masalah lain di tubuhmu tidak tertangani. Oleh sebab itu lebih baik kurangi makanan yang tersebut yang mungkin dapat memengaruhi sistem imun seseorang.

9.) Periksakan Diri ke Dokter apabila Merasa Kurang Sehat

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan menghasilkan hormon stres yang membebani sistem kekebalan tubuh. Jadi salah satu cara terpenting untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengurangi tingkat stres. Persikan diri ke dokter apabila merasa stres berlebih.