Perbedaan Taekwondo dengan Olahraga Bela Diri Nusantara

Saat ini, beberapa kurang mengetahui perbedaan dari bela diri taekwondo dan silat yang seperti kita ketahui sebagai bela diri nusantara ini. banyak pula kasus dari orang orang yang bingung, dalam hal memilih seni bela diri apa yang ideal untuk kebutuhan masing-masing dan ingin mereka pilih untuk dipelajari. Pada kesempatan kali ini, perbedaan tersebut akan dibahas. Semoga dengan dibahasnya topik ini kalian bisa menentukan olahraga bela diri mana yang mau kalian pilih. berikut adalah perbedaanya:

1. Pencak Silat
Pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara (Indonesia). Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara (Indonesia). Unsur-unsur untuk membela diri dengan seni bela diri, yaitu dengan menggunakan pukulan dan tendangan. Pencak silat adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi. Ada pengaruh budaya Tionghoa, agama Hindu, Buddha, dan Islam dalam pencak silat. 

2. Taekwondo
Dalam bahasa Korea, hanja untuk Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki”; Kwon berarti “tinju”; dan Do berarti “jalan” atau “seni”.  Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”. seni ini pada umumnya menekankan tendangan yang dilakukan dari suatu sikap bergerak, dengan menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhkan lawan dari kejauhan. Latihan taekwondo juga mencakup suatu sistem yang menyeluruh dari pukulan dan pertahanan dengan tangan, tetapi pada umumnya tidak menekankan grappling (pergulatan).

Jadi bisa dismpulkan bahwa Pencak silat mengutamakan konsentrasi, dan taekwondo memfokuskan pada kecepatan.