Tips Menghadapi UTS

Salah satu momen yang paling mendebarkan dalam hidup seorang mahasiswa adalah hadirnya momen-momen khusus di mana kamu harus berkonsentrasi untuk menjawab soal-soal yang diberikan oleh dosen. Momen seperti ini biasanya hadir setidaknya dua kali dalam satu semester, yakni ketika Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) tiba.

Ada banyak sekali mahasiswa lama maupun mahasiswa baru yang terserang gejala panik parah ketika akan menghadapi momen Ujian Tengah Semester (UTS). Hal ini dikarenakan ketakutan yang mereka miliki karena takut tidak bisa mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester (UTS) dengan baik dan benar.

Agar kalian dapat menjalankan Ujian Tengah Semester (UTS) dengan sebaik mungkin, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membantu dengan memberikan beberapa tips menghadapi UTS kuliah.

Apa saja sih tips-tipsnya? Langsung saja simak di bawah ini.

1)  Memahami Karakter Dosen

Perlu kamu ketahui bahwa di dalam dunia perkuliahan, karakter dosen ini berperan sangat penting dalam menentukan nilai atau hasil dari mata kuliah kamu selain kemampuan dari kamu sendiri. Karena setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda, oleh karena itu kalian pun harus memahami terlebih dahulu karakter dari setiap dosen yang kalian tempuh.

2)  Pastikan Jadwal Ujian

Tips selanjutnya ini adalah langkah kunci, vital, dan sangat penting. Kalau kamu tidak memastikan jadwal ujian dan langsung pergi ke kampus seperti biasa, bisa-bisa kamu malah terkejut. Ingat, dengan mengetahui dan memastikan jadwal ujian, kamu akan mengurangi kemungkinan untuk terlambat dan salah mempelajari mata kuliah.

3)  Siapkan Mental

Mental merupakan salah satu unsur penting yang juga akan menjadi penentu nilai kamu di semester pertama kamu kuliah. Mengapa penting? Karena jika mental kamu tidak siap maka kamu akan kaget dengan sistem ujian di kampus yang biasanya akan menuntut kamu untuk menganalisis soal kemudian menjabarkan hasil analisis dalam bentuk jawaban dikertas.

4)  Pelajari Materi Power Point Dosen

Biasanya dosen akan memberikan soal ujian tak jauh-jauh dari apa yang disampaikan di kelas. Mungkin beliau menggunakan presentasi power point. Pastikan kamu punya semua bahan yang digunakan. Jika tidak ingin tergesa-gesa mengumpulkan bahan sehari sebelum ujian, alangkah baiknya kamu mulai mencarinya sejak sekarang. Mungkin dosen memberikan bahan pada ketua kelas, maka kamu bisa minta materi padanya.

5)  Membuat Kelompok Belajar

Ketika kamu menjadi mahasiswa, teman memang adalah orang yang juga akan menentukan nasib kamu pada saat menjalani perkuliahan. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki banyak teman, maka kamu pun akan cukup mudah dalam menjalani proses perkuliahan pula seperti pada saat menjalani ujian. Dengan belajar bersama, maka kamu pun akan bisa saling berbagi pengetahuan dan tentunya kamu juga akan lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan.

6)  Jangan Lupa Berdoa

Tips yang terakhir ini merupakan tips paling penting dari semua tips di atas, karena dengan berdoa kamu akan akan mendapatkan ketenangan lahir maupun batin untuk menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan sekali – kali lupa untuk berdoa ya teman – teman!

Semangat ya, guys! Walaupun masih UTS dan materinya lebih sedikit dibandingkan UAS nanti, kamu tetap tidak boleh mengganggap enteng. Nilai UTS tetap mempengaruhi nilai akhirmu kelak.