MANAGEMENT UANG

     Uang adalah sesuatu yang kita pergunakan sehari-hari dan penting bagi kehidupan, maka dari itu di perlukan cara-cara untuk mengatur keuangan pribadi. Untuk mengatur keuangan pribadi sebenarnya tidak rumit. Ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan pegangan kala mengatur keuangan pribadi. Prinsip-prinsip tersebut kerap disebut sebagai Golden Rules karena bisa diterapkan oleh siapa saja dan kapan pun waktunya.

Bagaimanakah caranya? Apa saja?  Simak tips berikut :

  • Buat Laporan Keuangan

Simpanlah struk belanja yang Anda dapatkan setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran Anda setiap harinya. Selain cara ini membantu Anda mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini, ini juga dapat membantu Anda menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus Anda beli di bulan yang akan datang.

  • Segera Bayar Tagihan

Saat memperoleh pendapatan, hal yang pertama Anda lakukan adalah membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

  • Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini Anda terbiasa menyisihkan sisa pendapatan untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan pendapatan untuk tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

  • Miliki Dua atau Lebih Rekening Bank

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari Anda seperti, menerima pendapatan, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain dapat Anda gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus Anda tabung dari pendapatan bulanan Anda. Lakukan halnya seperti kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya.

      Menggunakan dengan bijak uang yang Anda terima, adalah salah satu cara menghargai usaha den kerja keras yang sudah dilakukan. Orang-orang sukses seperti Jack Ma, Warren Buffett, Carlos Slim telah membuktikannya sendiri. Dengan mempraktikkan cara mengatur keuangan pribadi secara disiplin dan konsisten, mereka bisa melesat menjadi orang-orang yang berhasil dalam hidupnya.

  • Only buy something that you’d be perfectly happy to hold if the market shut down for 10 years.” Warren Buffett
  • “Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine.” – Jack Ma
  • Profitability is coming from productivity, efficiency, management, austerity, and the way to manage the business.”  Carlos Slim