MANFAAT BELADIRI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak orang yang beranggapan bahwa berlatih beladiri sama saja dengan berlatih kekerasan. Karena didalam beladiri diajarkan cara memukul, menendang, menyerang, menghindar dan menangkis, yang merupakan gerakan-gerakan umum pada sebuah perkelahian. Apalagi  ditambah dengan dengan melihat film di serial tv, seperti film action atau cerita-cerita laga yang selalu mengkaitkan beladiri dengan kekerasan.

Akan tetapi semua itu salah, ilmu beladiri bukan untuk mengajarkan kekerasan, tetapi jauh kita melihat kedalam, ilmu beladiri mengajarkan sebuah kesabaran, disiplin, dan keseriusan yang akan tertanam dalam diri kita sendiri tanpa kita sadari secara langsung. Berikut adalah manfaat-manfaat berlatih beladiri bagi kehidupan :

1.SEBAGAI SARANA MEMBELADIRI

Tujuan utama membeladiri adalah SELAMAT. Dengan banyaknya berbagai macam kejahatan seperti perampokan, pembegalan, pembunuhan, khususnya bagi para wanita yang rentan dalam pelecehan seksual yang paling sering terjadi. Ketika kita sudah punya ilmu beladiri, kita sudah bersiap untuk menghadapinya.

2.SEHAT DAN BUGAR DALAM FISIK

Seperti halnya manfaat olahraga yang lain, berlatih beladiri secara teratur juga meningkatkan kebugaran karena otot yang ada akan terlatih untuk bergerak dan membuat tubuh menjadi lebih sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh dan tidak mudah sakit. Terdapat gerakan-gerakan yang menggunakan unsur kecepatan, yang memacu fungsi jantung dan paru-paru. Sehingga peredaran darah dan nafas kita akan lebih lancar, seperti kita mengikuti gerakan olahraga senam aerobik dan nge-gym.

3.MEMBUAT OTOT KUAT DAN TUBUH LEBIH FLEKSIBEL

Gerakan memukul, menendang, merunduk, melompat dan lainnya seringkali diterapkan dalam seni bela diri. Gerakan lainnya seperti gerakan berlari, sit up, push up, berjalan juga jongkok, semua itu bisa melatih kita agar menjadi lebih kuat, cekatan, tangkas, cepat, terutama untuk kekuatan otot yang kita miliki.

4.MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN BERANI

Ketika kita merasa mempunyai kemampuan lebih maka akan bisa meningkatkan rasa percaya diri. Disamping itu memang dalam perguruan beladiri umumnya kita dilatih dan dikondisikan agar rasa percaya diri serta keberanian kita muncul, jika kita tidak mempunyai rasa percaya diri akan susah rasanya meraih apa yang kita ingin dan kita capai.

5.MELATIH KESABARAN, KEDISIPLINAN DAN PENGUASAAN DIRI

Ketika berlatih beladiri dengan mengulang gerakan yang sama sebanyak mungkin ini bertujuan untuk mendapatkan kesempurnaan teknik gerakan. Sehingga kamu akan berlatih untuk bersabar. Berlatih beladiri juga melatih kedisiplinan kamu. Hal ini dikarenakan berlatih beladiri membutuhkan serangkaian latihan yang rutin dan berkesinambungan. Bagi pegiat beladiri yang sudah berpengalaman akan mampu mengatur dan menguasai diri. Pegiat beladiri mampu membuat dirinya tidak terlalu percaya diri secara berlebihan dan juga tidak merasa rendah diri, serta tidak akan pernah terbawa emosi.

6.MENGUKIR PRESTASI

Dengan ikut beladiri kemudian latihan secara serius dan mempunyai mimpi menjadi atlit hebat, kita pasti dapat mengukir banyak prestasi. Meraih prestasi di dalam beladiri memerlukan usaha yang keras dan tekad yang kuat. Perlahan-lahan dari mulai tingkat kota, provinsi, nasional, hingga internasional.