Tendangan Dasar Taekwondo Yang Harus Anda Ketahui sebagai pemula

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tendangan-lah yang membuat Taekwond unik. Dalam bahasa Korea, tendangan disebut “chagi”, dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti tendangan pada ketinggian yang berbeda, tendangan lompat, tendangan berputar, dan kombinasi dari semuanya. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa tendangan berbeda yang akan Anda temui di Taekwondo dan apa sebutannya. Harap dicatat bahwa beberapa tendangan ini dimaksudkan untuk situasi yang berbeda. Beberapa akan lebih praktis dalam situasi pertahanan diri, dan yang lainnya lebih banyak digunakan di dalam kompetisi.

  1. FRONT KICK (앞 차기, “AP CHAGI”)

Front kick atau tendangan depan kadang disebut sebagai “tendangan cepat”, karena kecepatan luar biasa yang digunakan dalam gerakan ini. Ini adalah salah satu tendangan pertama yang diajarkan di Taekwondo, tetapi sering dianggap sebagai salah satu yang paling kuat bahkan di level yang lebih tinggi. Tendangan ini dilakukan dengan menaikkan lutut kaki yang menendang ke pinggang, kemudian mengerahkan tenaga dengan mengerahkan kaki ke depan, lurus ke arah sasaran. Gerakan ini dirancang untuk mendorong target ke belakang, serta melukai mereka.

 

  1. THE SIDE KICK (옆 차기, “YEOP CHAGI”)

Tendangan ini biasanya dipelajari relatif lebih awal, tendangan samping ini sangat kuat dan memiliki implikasi yang berbeda tergantung pada standar Taekwondo yang dipraktikkan. Ini dilakukan dengan mengangkat lutut sambil juga memutar tubuh Anda 90 derajat, kemudian mengerahkan tenaga dengan meregangkan kaki Anda. Dengan menggunakan momentum pinggang dan dada, Anda dapat terhubung lebih kuat dengan target. Bagian mana dari tungkai dan kaki yang terhubung dengan target akan bervariasi menurut standar yang diajarkan, tetapi biasanya dengan tepi luar kaki Anda atau dengan tumit kaki.

 

  1. THE BACK KICK (뒷 차기, “DWIT CHAGI”)

Dwit Chagi atau Tendangan belakang ini merupakan teknik yang sedikit lebih sulit, karena seperti namanya, Anda akan melakukan tendangan dengan memebelakangi target. Jika tidak dilakukan dengan benar, Anda dapat dengan mudah kehilangan keseimbangan, sehingga penting untuk melakukan kontak dengan lawan karena jika tidak anda bahkan dapat terjatuh.

 

  1. THE ROUNDHOUSE KICK (돌려 차기, “DOLLYEO CHAGI”)

Roundhouse kick atau Dollyeo Chagi ini adalah gerakan yang sangat kuat apabila telah dikuasai dengan baik, dan telah mendapatkan banyak popularitas di film dan pertunjukan. Tendangan ini dilakukan dengan melakukan pivot pada kaki yang tidak menendang dengan memutar pinggul. Saat pivot dilakukan, kontak dilakukan dengan target dengan meluruskan kaki Anda dan memukul target dengan bola kaki atau dengan punggung kaki.

 

  1. THE AXE KICK (내려 차기, “NAERYEO CHAGI”)

Naeryeo Chagi juga menjadi tren dalam kompetisi Taekwondo dan kompetisi seni bela diri lainnya. Untuk menjelaskan gerakan ini, pikirkan bagaimana Anda akan mengayunkan kapak untuk memotong batang kayu. Pertama-tama Anda harus mengangkat kapak di atas ketinggian tubuh Anda, kemudian kapak akan berayun ke bawah ke batang kayu, membenturkannya ke bawah. Tendangan ini bekerja dengan cara mengangkat kaki Anda tinggi-tinggi ke arah sasaran, dimulai dari luar garis tengah. Setelah Anda melakukan tendangan ke atas setinggi mungkin, lakukan gaya ke bawah dengan kaki ini, dan jaga tumit kaki mengarah ke bawah. Dampak yang diinginkan pada dasarnya adalah segala sesuatu di atas tubuh lawan, termasuk kepala, bahu, dan tulang selangka.

Ada begitu banyak variasi tendangan yang tertulis di atas dan lebih banyak juga tendangan yang lain. Yang disebutkan di atas sangat bagus untuk pemula! Bereksperimen dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda, cari tahu kekuatan dan kelemahan Anda, dan kerjakan keduanya!

 

Sumber : https://www.wuyi-taekwondo.com/taekwondo-kicks/ I  https://livemartialartstraining.com/5-basic-kicks-you-should-know-for-beginning-taekwondo-sparring-tkd-for-beginners/