Sudah Pilih Calon Pemimpinmu Dengan Benar?

Presiden Indonesia adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia. Sebagai kepala negara, Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. Sebagai kepala pemerintahan, Presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri-menteri dalam kabinet, memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah sehari-hari.

Presiden dan Wakil Presiden menjabat selama 5 tahun, dan sebentar lagi Indonesia akan ada PEMILU pada tanggal 17 April 2019 untuk periode 2019-2024. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita berpartisipasi dalam pemilihan PEMILU karena pilihanmu nanti yang akan menentukan bagaimana keadaan Indonesia selama lima tahun ke depan.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih calon pemimpin khususnya presiden? Pada kesempatan kali ini, Penulis mencoba berbagi tips untuk memilih calon pemimpin yang tepat untuk kita berdasarkan opini penulis baik itu calon presiden maupun calon wakil rakyat lainnya.

Pertama, Seorang presiden itu tanggung jawabnya besar, dan tidak sembarang orang bisa jadi pemimpin yang baik. Salah satu kriteria pemimpin yang baik adalah bagaimana dia disiplin dalam berbagai hal. Disiplin waktu, disiplin dalam bertutur kata mampu menjaga perkataannya agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain atau menjelek-jelekkan dan terus mencari kesalahan sekecil apapun dari pesaingnya (kecuali memang beneran salah). Ini penting karena mereka yang terus mencari kesalahan pesaingnya bisa dipastikan bahwa mereka itu tidak sportif dan tidak mau kalah dan sifat itu jelas tidak baik bagi seorang pemimpin karena sudah pasti egonya sangat tinggi alias lebih mementingkan dirinya diatas orang lain.

Kedua, disiplin dalam pekerjaannya, dalam arti gak sering bolos waktu jam masuk kantor. Nah dalam hal ini yang menjadi sorotan adalah para PNS yang sering mangkir sampai masuk berita itu. Kalau ada salah satu pemirsa yang tau atau kenal dengan orang yang sering bolos saat bekerja, sebaiknya jangan dipilih kalau dia mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Soalnya udah pasti orang yang seperti itu gak bisa memegang tanggung jawab dengan baik!

Dan yang ketiga adalah sikap tegas. Tegas bukan berarti harus judes atau galak..! Tegas disini artinya tidak bertele-tele dan mengambil keputusan tanpa kompromi. Maksudnya, dia akan langsung mengambil tindakan seperti “ya atau tidak”, “kerjakan atau tinggalkan”. Kalau orang itu punya sifat tegas, sudah pasti dia juga disiplin. Karena sifat tegas itu mencerminkan kedisiplinan terhadap dirinya sendiri, disiplin terhadap peraturan dan keputusannya.

Nah itulah beberapa poin penting dari seorang pemimpin. Intinya, pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu memimpin atau mengendalikan dirinya sendiri dengan baik. Karena hal yang besar dimulai dari hal yang kecil. Gimana mau mengendalikan orang banyak kalau mengendalikan dirinya belum berhasil?

Jangan memilih karena ikut-ikutan teman, tiap orang bebas memilih. Dan siapapun pemimpin yang kalian pilih, itu akan menjadi rahasia kalian sendiri. Meskipun belum menemukan sosok presiden ideal menurut kita, setidaknya manfaatkanlah hak pilih kalian untuk kepentingan negara, khususnya seluruh rakyat Indonesia. Karena satu suara akan berpengaruh, mari lakukan perubahan semampu kita sekarang Juga!!