Tips Masuk Universitas Favorite

Pada awal tahun, biasanya banyak siswa kelas 12 & alumni SMA/sederajat yang mulai berpikir untuk masuk kuliah. Bagi mereka yang udah ngebet banget untuk masuk kuliah, segala upaya akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.Tidak jarang banyak peserta seleksi masuk universitas yang gagal, hanya karena kurang informasi.

Karena itu kami akan membagikan tips agar tidak salah langkah dalam mengambil jurusan serta dapat masuk ke perguruan tinggi favorite

Tentukan BIDANG ILMU yang ingin kamu tekuni

Jangan belum apa-apa langsung menentukan jurusan apalagi universitas idaman. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, menentukan BIDANG ILMU yang ingin kamu tekuni dulu. Jika itu sudah mantap, baru kemudian kita lihat jurusan/universitas yang bisa mendukung ambisi lo untuk mendalami bidang ilmu tersebut.

Dapatkan Dukungan dari Keluarga dan Orang Terdekat

Anda bisa meminta saran dan rekomendasi dari orang tua atau saudara tentang perguruan tinggi favorit untuk Anda. Jangan khawatir dengan masalah keuangan yang sedang Anda hadapi saat ini, sebab ada banyak sekali sumber bantuan keuangan yang tersedia untuk Anda berkuliah.

Cari tau PERGURUAN TINGGI yang menawarkan program studi keinginanmu

Cari tau lebih mendalam dunia perkuliahan di universitas yang di incar dengan melihat curhatan kakak-kakak angkatan di berbagai tulisan blog.

Lakukan Riset Sederhana

Tujuan melakukan riset sederhana ini adalah untuk mempersempit daftar universitas potensial yang akan Anda pilih. Dengan demikian, saat Anda mengetahui universitas yang potensial, persiapan untuk menghadapi tes ujian masuk menjadi lebih baik.

Petakan TINGKAT PERSAINGAN dari alternatif prodi yang diminati

Singkatnya, Indikator yang paling tepat dalam memetakan persaingan masuk untuk setiap prodi bukanlah dengan melihat passing grade, bukan juga dengan melihat gengsi atau akreditasi universitas, tapi berdasarkan RASIO PEMINAT BERBANDING DENGAN JUMLAH KURSI YANG TERSEDIA.

Bisa Mengunjungi Perguruan Tinggi Atau Universitas Secara Langsung

Jika memungkinkan dan Anda memiliki kesempatan, tidak ada salahnya untuk datang dan mengunjungi kampus yang diinginkan secara langsung. Cara seperti ini perlu dilakukan untuk meningkatkan minat untuk bersaing dan diterima di perguruan tinggi favorit yang Anda inginkan.