Tips jitu memanfaaatkan semester kamu dengan lebih baik

BAGAIMANA SAYA BISA LEBIH SUKSES DI KULIAH?

Menjadi mahasiswa itu gak gampang dan pasti sangat sibuk, mengerjakan jutaan hal berbarengan, dan sering kali banyak hal yang sulit dikerjakan. Selain itu juga dengan kurangnya keuangan, pola makan yang buruk, banyak pekerjaan rumah, dan banyak lagi, di sini akan dijelaskan 10 tips untuk melalui semester Anda dengan lebih baik dan mengurangi stres – stres Kamu !

  1. Take Care of Yourself

Salah satu tip terpenting yang dapat diberikan kepada seorang mahasiswa adalah menjaga diri sendiri. Saat Kamu sibuk dengan sekolah dan kehidupan, mudah untuk menempatkan diri Kamu sebagai yang terakhir. Sayangnya, mahasiswa berisiko mengalami banyak masalah kesehatan mental. Merawat diri sendiri dapat membantu Anda menghindari depresi atau kecemasan yang semakin meningkat. Merawat diri sendiri mencakup berbagai hal seperti cukup tidur, makan dengan benar, minum air, mempraktikkan perawatan diri, dll. Mungkin tampak berlebihan untuk menambahkan semua hal ini ke dalam jadwal Kamu. Namun, jika menjalankannya, semuanya akan tampak lebih mudah.

 

  1. Buatlah Jadwal Kegiatan Kamu

Saat Kamu kuliah, pekerjaan rumah bisa mudah kamu tinggalkan,baik tidur, atau kebersihan pribadi. Cobalah untuk membuat jadwal; misalnya, saya akan mengerjakan pekerjaan rumah pada jam 4 sore, tidak peduli betapa malasnya perasaan saya. Maka saya pasti akan menyelesaikan setidaknya sebagian dari itu dan tidak merasa terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan semuanya pada menit terakhir. Saya akan makan jam 6 sore. jadi saya tidak lapar. Saya akan bergaul dengan teman-teman setelah itu. Lalu, jam 11 malam, saya akan pergi tidur agar saya cukup tidur. Menuliskan jadwal dan mencoret beberapa hal setelah Anda menyelesaikannya akan memberi Kamu rasa pencapaian. Mematuhi jadwal, bahkan jika Kamu harus membuat jadwal berbeda setiap hari, jauh lebih mudah daripada membuang banyak waktu.

 

  1. Persiapkan Segala Sesuatu Lebih Awal.

Cukup datang memulai kelas dengan semua perlengkapan Kamu dan dengan materi yang Kamu butuhkan dapat membuat perbedaan. Mengikuti kelas tanpa mempersiapkan materi yang akan dipelajari sebelumnya dapat membuat Kamu ketinggalan. Selain itu, persiapkan juga alat untuk mencatat, karena tanpa peralatan menulis dapat membuat Kamu kehilangan kesempatan untuk menuliskan informasi berharga. Periksa kembali apakah Kamu sudah melengkapi apa yang Kamu butuhkan. Ini hanya membutuhkan beberapa saat dan dapat menghemat untuk mengejar ketinggalan,

 

  1. Jangan Menunda – nunda

Kelas online dapat membuat kamu menunda-nunda banyak hal. Tanpa pertemuan kelas rutin untuk membuat Kamu tetap terlibat dan bertanggung jawab, Bisa-bisa Kamu dapat meninggalkan semua pekerjaan Kamu hingga akhir semester. Mungkin diawal ini terasa menyenangkan saat ujian akhir masih beberapa bulan lagi. Tapi itu bisa berubah menjadi menyakitkan ketika Kamu menjejalkan satu semester penuh pembelajaran menjadi satu malam. Untuk menghindari situasi ini, buat jadwal Kamu sendiri untuk menyelesaikan tugas-tugas Kamu. Tetapkan batas waktu untuk membaca sejumlah halaman, menyelesaikan soal-soal, atau apa pun yang perlu Kamu lakukan untuk mempelajari materi.

 

  1. Minta Bantuan Saat Kamu Merasa Ketinggalan

Saat Kamu tidak berada di dalam kelas secara fisik, akan lebih sulit untuk meminta bantuan Dosen. Kamu tidak bisa begitu saja menghampiri mereka setelah kelas atau menemukannya di kantor mereka di sekitar kampus. Kamu harus mengambil lebih banyak inisiatif. Namun, jangan biarkan kesulitan ini menghalangi Kamu untuk mendapatkan bantuan. Jika Kamu tidak memahami materi atau ketinggalan tugas, bicarakan secepatnya. Semakin lama Kamu menunggu untuk mendapatkan bantuan, semakin lama Kamu akan tertinggal dan semakin besar kemungkinan Kamu mendapatkan hasil yang buruk dalam ujian. Jika bantuan Dosen Kamu tidak cukup, lihat juga sumber tambahan di internet.

 

Selesai, semoga 5 tips ini akan membantu Kamu menyukseskan semester ini!

Good Luck Semuanya…..

 

Sumber: http://wiki.go-redrock.com/wiki/Preparing_for_a_Successful_Semester_Switchhttps://pageflutter.com/10-student-tips-rock-new-semester/