Jenis-Jenis Olahraga Beladiri Nusantara

pada umumnya, olahraga bela diri pasti ada saja asal daerahnya. Contohnya olahraga bela diri Taekwondo yang berasal dari Korea. Menurut sejarah Tae kwon-do berkembang sejak dinasti Goryeo di Korea. Pada saat Korea merdeka rakyat Korea berusaha mengembangkan Taekwondo.
Namun, kali ini kita akan membahas olahraga bela diri yang berasal dari indonesia. Pada umumnya kita hanya mengetahui seni bela diri Pencak silat saja. namun, pada kenyataannya, jumlahnya ada beragam. Berikut daftar olahraga bela diri yang berasal dari Indonesia :

1. Pencak Silat
Pencak Silat adalah jenis olahraga bela diri asal Indonesia yang paling populer. Bela diri ini berasal dari budaya suku melayu dan berdiri sejak tahun 1550. Pencak Silat merupakan ilmu bela diri yang juga digunakan dalam latihan bela negara. Bela diri ini ditakuti oleh negara lain karena terkenal dengan kekuatan batinnya yang sering dipertunjukkan dalam atraksi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pencak silat juga sering digunakan pada sistem pendidikan kepolisian dan kopassus atau TNI.

2. Silek Minangkabau
berasal dari namanya olahraga bela diri ini berasal dari Minangkabau. Dikenal dengan kebiasaan merantau, mereka pun harus memiliki kemampuan dalam membela diri apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama merantau. Gerakanya diupayakan sesedikit mungkin, cepat, tepat, dengan maksud melumpuhkan lawan. Bagi orang Minang, siek ini  merupakan jati diri yang melekat dalam keseharian mereka. Ada aturan dalam silek untuk tidak menyerang bagian berbahaya dari tubuh lawan. Olahraga bela diri ini juga mengandung makna, bahwa mereka yang menguasai silek dengan baik pasti memiliki kesabaran yang tinggi karena untuk mempelajari bela diri ini sangat tidak mudah.

3. Bakti Negara
Bakti Negara merupakan olahraga bela diri yang berpedoman pada ajaran Hindu Dharma masyarakat Bali, yakni Tri Hita Karana. Olahraga bela diri ini lahir pada 31 Januari 1955 karena datangnya penjajah Belanda saat itu yang ingin berkuasa. Bakti Negara ini didirikan di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali.

4. Tarung Derajat
menjadi olahraga bela diri asal Indonesia yang secara resmi di SEA Games, Tarung derajat merupakan olahraga bela diri yang menggunakan kontak seluruh badan. Tarung Derajat pertama kali diciptakan oleh Achmad Drajad pada tahun 1960an di Bandung. Teknik olahraga bela diri ini ia kembangkan dari pengalamannya bertarung di jalanan. Tahun 1998, Tarung Derajat resmi menjadi olahraga nasional dan digunakan untuk pelatihan dasar TNI Angkatan Darat.

5. Merpati Putih
Merpati Putih merupakan salah satu perguruan silat bela diri tangan kosong. Merpati Putih berkembang sejak sekitar tahun 1550. Nama Merpati Putih ini berasal dari bahasa Jawa yaitu Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang artinya mencari sampai mendapat kebenaran dengan ketenangan, maka dari itu Merpati Putih bisa menyelaraskan hati serta pikirannya dalam setiap tindakan. Merpati Putih lebih mengasah kemampuan tenaga dalam manusia dengan teknik olah pernafasan

6. Cimande
Bela diri Cimande merupakan jenis pencak silat yang paling disegani dari perguruan pencak silat. Cimande diciptakan oleh seorang Kyai bernama Mbah Kahir. Olahraga bela diri ini sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1760-an. Cimande ini  dianggap sebagai pencak silat yang mematikan.

7. Perisai Diri
Perisai Diri adalah salah satu organisasi olahraga bela diri yang menjadi anggota dari beberapa induk organisasi resmi pencak silat. Perisai Diri didirikan pada 2 Juli 1955 di Surabaya oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo. Teknik silat yang ada pada Perisai Diri mengandung berbagai aliran termasuk aliran Shaolin dari Tiongkok.

 

 

Author      : Fatimah Rahmawati
Publisher : merdeka.com