5 Latihan Kekuatan dan Pengkondisian yang Penting Untuk Seni Bela Diri

Latihan kekuatan dan pengondisian tidak hanya bagus untuk kebugaran  latihan ini dapat membantu dan meningkatkan kemampuan seni bela diri Anda. Berikut adalah lima latihan penting yang perlu dilakukan setiap seniman bela diri untuk meningkatkan keterampilan mereka ke tingkat berikutnya.

1.      Pull-Ups    
Pull-up membantu membangun kekuatan tubuh bagian atas dengan mengembangkan otot di punggung atas. Jika Anda tidak dapat melakukan pull-up yang benar, mulailah dengan latihan yang lebih mudah seperti jump pull atau pull-up negatif, di mana Anda berdiri di atas platform. Angkat dagu Anda di atas palang dengan melompat atau melangkah ke platform, lalu turunkan tubuh secara perlahan.Terlepas dari apakah Anda melakukan pull-up yang benar atau dengan cara yang lebih mudah, Anda harus fokus untuk menegangkan bahu Anda bersama-sama untuk mengaktifkan otot punggung, bukan otot bisep Anda.

2.      Push-Ups
Ini berguna untuk meningkatkan kemampuan menyerang, karena gerakan mendorong membantu membangun kekuatan sehingga Anda dapat memberikan lebih banyak kekuatan di balik pukulan atau tendangan Anda. Untuk melakukan push-up yang benar, pastikan lengan Anda masuk, dengan tangan di bawah bahu. Siku Anda harus sejajar di sepanjang tulang rusuk saat Anda melakukan gerakan. Tarik napas saat Anda menekuk siku jaga agar siku tetap berada di samping tubuh Anda untuk menurunkan dada hingga sedikit di bawah siku yang ditekuk, lalu buang napas saat Anda mendorong kembali ke posisi awal untuk satu pengulangan.

3.      Burpees

Sangat sedikit orang yang menyukai gerakan burpees ini, padahal ini adalah salah satu latihan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk seni bela diri. Tindakan ini bisa dengan cepat meningkatkan detak jantung Anda, burpees juga merupakan cara yang efisien untuk membangun ketahanan dan kebugaran kardiovaskular.

4.      Jumping Rope
Lompat tali adalah cara yang bagus untuk membangun stamina dalam seni bela diri. Latihan kardio ini membakar banyak kalori dan cocok untuk Anda yang tidak bisa keluar ruangan. Lompat tali juga membantu kelincahan Anda dan membuat kaki Anda lebih ringan.

5.      Jumping Jacks
Jumping jacks (atau Star Jumps) adalah latihan pengkondisian seni bela diri yang bagus. Latihan plyometric ini membangun daya tahan & stamina serta melatih otot di tubuh bagian atas, betis, dll.

Sumber:  7 Essential Strength And Conditioning Exercises For Martial Arts|5 Best Calisthenic Exercises For Martial Arts