5 Rekomendasi Gunung Bagi Para Pendaki Pemula

Indonesia memiliki banyak gunung yang dapat didaki dan juga menyajikan pemandangan yang sangat indah. Sehingga membuat mendaki gunung belakangan ini menjadi hobi yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, dengan keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh gunung-gunung di Indonesia semakin membuat orang gemar mendaki puncak gunung.

Baiknya sebelumnya mendaki gunung kalian mempersiapkan barang dan juga fisik yang cukup serta mengenali terlebih dahulu karakteristik dari gunung yang akan kalian kunjungi karena untuk mendaki gunung juga diperlukan pengalaman yang cukup sehingga untuk kalian yang baru ingin memulai mendaki sebaiknya kalian memilih gunung yang mudah terlebih dahulu.

Berikut merupakan rekomendasi gunung yang cocok untuk kalian yang baru ingin mencoba untuk mendaki gunung!

1. Gunung Gede

Sumber: https://travel.kompas.com/

Berada di Bogor, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.958 m dpl Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang sangat sering menjadi destinasi bagi para pendaki sekitaran Jakarta dan Bogor. Kalian bisa mendaki dengan memilih jalur melalui Cipanas (via gunung putri) dan Cibodas (via cibodas), namun untuk para pemula disarankan agar melalui jalur Cibodas karena lebih mudah. Bisa melihat pemandangan yang cukup indah karena Gunung Gede menyajikan padang bunga edelweiss yang dinamakan Surya Kencana.

2. Gunung Prau

Sumber: https://genpi.id/

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl, berada di Dieng, Jawa Tengah dengan jalur yang mudah untuk para pendaki berjalan serta menyajikan pemandangan bukit-bukit kecil dan sabana, Gunung Prau merupakan destinasi yang cocok untuk para pemula maupun para pendaki yang suka untuk menikmati pemandangan indah. Kalian dapat mendaki memalui jalur Patak Banteng, jalur Pranten, atau jalur Kenjuran.

3. Gunung Andong

Sumber: https://penjelajah.com/

Terletak di Kabupaten Magelang dengan ketinggian 1.726 mdpl, Gunung andong sangat populer untuk kalangan para pendaki pemula karena trek yang cukup ringan dan rute yang cukup cepat untuk mencapai puncak dengan pemandangan yang indah dan pemandangan gunung-gunung besar. Terdapat beberapa basecamp sebagai titik awal kalian mendaki yaitu basecamp Dusun Sawit, Dusun Temu, Dusun Kudusan, Dusun Sakararum, Dusun Pendem, dan Dusun Gugik.

4. Gunung Ijen

Sumber: https://hot.liputan6.com/

Gunung ini terkenal dengan pemandangan indah kawah dan api birunya dengan ketinggian 2.443 meter mdpl dan terleteak diantara dua kabupaten, Bondowoso dan Banyuwangi. Dengan rute pendakian kurang lebih 2-4 jam kalian sudah dapat menikmati pemandangan di Gunung Ijen ini dan sangat cocok untuk kalian para pemula yang baru ingin mendaki.

5. Gunung Papandayan

Sumber: https://tribunmanadotravel.tribunnews.com/

Jika kalian ingin membawa anak anak atau keluarga untuk mendaki gunung sebagai pemula Gunung Papandayan ini sangat cocok. Terletak di Garut, Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 2.655 mdpl gunung ini menyajikan keindahan bunga edelweiss dan keindahan Hutan Mati yang sangat dikenal dari gunung ini.