Cara Membuat Bunga dari Kain Perca

Hello, Manis!

Properti adalah bagian penting dari pementasan teater. Di setiap pementasan, STMANIS selalu membuat propertinya sendiri. Salah satu properti yang sering dibuat dengan tangan adalah BUNGA. Selain itu, bunga dari kain perca ini dapat digunakan sebagai hiasan buku atau baju. Berikut adalah cara untuk membuat bunga dari kain perca.

  1. Pertama pilihlah kain yang sesuai dengan bunga yang ingin dibuat. Kain bisa berpola atau polos sesuai dengan keinginan masing-masing.
  2. Selanjutnya adalah membuat bunga pola pada selembar kertas. Pola dapat mengikuti gambar berikut.
  3. Tempelkanlah pola pada kain lalu potong sesuai pola tersebut. Pola dapat ditempelkan dengan jarum untuk menjaga agar pola tidak bergerak ketika dipotong. Memotong kain pun dapat menggunakan gunting atau cutter.
  4. Letakkanlah kain yang sudah dipotong secara bertumpuk. Tumpuk kain secara tidak teratur seperti gambar.
  5. Berikutnya jahit tumpukan kain berpola dengan benang yang sesuai. Warna benang disesuaikan dengan kain yang paling luar sehingga warna lebih menyatu.
  6. Gunakan manik, kancing, atau benda lainnya sebagai benang sari. Manik, kancing, atau benda lainnya ini juga dapat menutup jahitan poros dari tumpukan bunga.

Terakhir bunga siap untuk dipakai. Bunga  ini dapat digunakan untuk berbagai hiasan seperti hiasan baju, tas, ataupun properti bunga di pementasan. Selain itu, bunga dari kain perca ini juga dapat digunakan sebagai gantungan kunci lho!

Nah, itu dia cara membuat bunga dari kain perca! Gimana? Mudahkan?
Silahkan dicoba ya!

Referensi:
https://id.wikihow.com/Membuat-Bunga-Kain

Hanny Aka Ananda