Sejarah Mangena Teater Dionisos

Teater Dionisos Eleuthereus merupakan teater yang terletak disebuah kota bernama Athena. Teater ini biasanya dilakukan di Akropolis Athena. Hal ini didedikasikan bagi Dionisos, dewa drama dan minuman anggur. Pada masanya teater ini mampu menampung sekitar 17.000 orang dalam sekali penampilan, dan disertai dengan akustik yang memukau, yang menjadikannya sangat cocok untuk perayaan teaterikal terbesar di athena kuno. 

Sisa dari reruntuhan itu, masih dapat dilihat dalam situs yang menampilkan gambar dari lokasi tersebut. Terkadang teater ini dianggap keliru dengan Odeon Herodes Atticus yang dibangun, namun dengan ukuran yang lebih kecil namun lebih terawat dengan baik, yang terletak berdekatan dengannya di lereng barat daya Akropolis.

Situs Teater Dionysus Eleuthereus telah dikenal sejak tahun 1700an. Lembaga arkeolog menggali situs tersebut dimulai dari tahun 1476. Beberapa bukti yang merupakan saksi nyata dari peninggalan sejarah bahwa adanya teater yang pernah ada disana adalah batu-batu besar yang masih tertinggal disana.Teater ini juga pernah menampilkan beberapa karya dari tragedians terkenal seperti Euripides, Aischylos, Aristophanes dan Sophokles. Pada zaman itu, penggunaan teater ditujukan untuk memuja dewa Dionisos dengan kurban sesembahan berupa hewan yang diletakkan didepan panggung. Begitu kuatnya pengaruh teater hingga banyak politikus terkenal menggunakan teater untuk sarana politis dan menjadikan teater merupakan salah satu seni yang paling dicintai pada zamannya.

Willi Kurniawan