HELP! Mendapatkan Applause Dunia di Toyama Jepang

Teater Tanah Air mendapat applause spesial di The World Festival of Children’s Performing Arts in Toyama Jepang 2022, dengan menampilkan sebuah karya yang dinamakan Help! yang dibuat oleh Putu Wijaya, dengan sutradaranya adalah Jose Rizal Manua.

Help! mengandung beberapa pesan penting dari pementasannya, diantaranya yaitu hentikan perang, hapuskan kebencian, dan ayo bersama menciptakan perdamaian. Para pemain Teater Tanah Air dengan penuh suka-ria menari, bernyanyi, dan mengajak para penonton dari berbagai negara tersebut untuk bergandengan tangan menciptakan perdamaian.

Menurut Minis, yang menarik dari Help! adalah bagaimana produser dapat mengkolaborasikan simbol modern melalui robot dan simbol tradisi melalui Ondel-Ondel, kesenian khas betawi, untuk mengemas pesan perdamaian dunia. Dengan kata lain, spirit yang demikian sangat sejalan dengan prinsip dari negara Jepang, yang maju secara teknologi tapi senantiasa merawat tradisi.

Jose Rizal Manua sebagai sutradara dari pementasan ini mengungkapkan bahwa ia memang sengaja memilih simbol robot dalam pertunjukkannya dengan tujuan agar publik Jepang lebih leluasa memaknai pementasan tersebut. Sebaliknya, ia juga sengaja menampilkan Ondel-Ondel sebagai bagian dari upaya memperkenalkan seni tradisi Indonesia kepada dunia.

Minis pikir, Help! sangat mengharumkan negara Indonesia dan juga sekaligus memperkenalkan Teater Indonesia ke Macanegara. Jadi Minis berharap, teater ini dapat menginspirasi dan bisa menjadi sebagai bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia teater! 

Referensi:
https://www.kompasiana.com/issonkhairul/62e88fd7a51c6f73f2690f92/applause-dunia-di-toyama-jepang-untuk-teater-tanah-air?page=3&page_images=3

Faustine Wingga