Tips&Tricks: Mengatasi Nervous di Atas Panggung

Kita pasti pernah berbicara, tampil dan menghadapi orang banyak di depan umum. Dan itu membuat kita jadi merasa grogi atau nervous. Hal ini biasa kita sebut dengan demam panggung. Demam panggung atau biasa kita sebut dengan grogi atau juga gugup, pasti sering banget nih kita alami di kehidupan kita dimanapun. Di kampus, di kegiatan-kegiatan mahasiswa maupun kehidupan sehari-hari. Termasuk jika kita berbicara kepada orang yang belum kita kenal. Perasaan seperti gemetaran atau deg-degan, sampai keluar keringat dingin bahkan sampai sering ke kamar kecil.

Nah demam panggung yang kita bahas kali ini yaitu identik dengan grogi pada saat kita tampil di depan banyak orang, misalnya waktu kita ada pentas, konser, lomba, ataupun presentasi di depan atau atas panggung.

Hal ini sangat tidak mengenakkan, yang pada awalnya kita sudah latihan, sudah hafal teks atau materi yang akan kita tampilkan, namun karna kita mengalami demam panggung ini semua yang sudah kita persiapkan dari jauh-jauh hari jadi hilang begitu saja dan hal ini sangat fatal sekali.

Oleh karena itu kita mau kasih beberapa tips biar kita dapat mengatasi hal yang menyebalkan dan membuat fatal itu:

  1. Banyak – banyak latihan.

Yang paling-paling pertama kita harus kuasain yaitu latihan sebanyak mungkin. Dan kuasain bahan atau materi yang bakal kita tampilkan di depan umum.

  1. Kuasai Diri

Dan selanjutnya, yaitu berusaha untuk menguasai diri kita. Seperti tetap percaya diri dengan kemampuan yang sudah kita lakukan selama latihan. Dan tetap berpikir positif dengan apa yang akan kita tampilkan nantinya.

  1. Berdoa adalah hal yang dilakukan orang-orang sebelum memulai sesuatu kegiatan agar apa yang kita lakukan berjalan dengan lancar dan dapat dipermudah.Berdoa

Jadi jangan lupain berdoa ya..

  1. Jangan tatap langsung mata penonton

Nah yang ini bisa dibilang lumayan manjur buat menghilangkan rasa grogi kita. Yaitu jangan tatap langsung mata penonton yang ada di depan kita. Kita bisa tetap berinteraksi dengan penonton didepan kita, namun jangan terlalu memerhatikan mereka. Karna hal ini dapat membuat kita lupa dengan apa yang akan kita lakukan atau kita katakan.

  1. Saat kita berada didepan panggung, semua yang kita lakukan adalah hasil latihan dari apa yang telah kita pelajari selama ini. Jadi, kita harusnya memberikan yang terbaik yang dapat kita lakukan. Agar waktu dan tenaga yang telah kita keluarkan selama ini terbayarkan dengan hasil yang memuaskan.Berikan penampilan yang terbaik

Semoga beberapa tips dari kita ini bisa membantu dalam kesulitan menghadapi perasaan nervous atau demam panggung ya…