Gak Cuma Bikin Merinding, Ini Fakta Menarik Yang Dialami Penggemar Film Horor

Menonton film merupakan hobi yang menyenangkan terutama di era digital yang telah didukung oleh kecanggihan teknologi, apalagi golongan millennial yang merupakan kaum muda yang suka akan film. Umumnya platform yang digunakan masyarakat terutama millenial adalah Netflix, Viu, We TV dan masih banyak lagi. Saat ini, mudah sekali untuk menemui berbagai jenis dan genre film dari platform yang ada dari yang sudah disebutkan diatas, dan banyak platform lainnya, salah satunya genre film horror. Meskipun memiliki audio menyeramkan serta jumpscare yang membuat jantung berdetak tidak karuan, dapat dikatakan penikmat genre film horror selalu meningkat lho! Sebenarnya apa yang dirasakan oleh penggemar film horor hingga mereka begitu menyukainya?  Padahal, secara tidak langsung mereka sedang ditakut-takuti sehingga menimbulkan rasa cemas dan khawatir. Yuk simak beberapa fakta menarik dari seseorang yang suka menonton film horor!

  1. Adrenalin Terpacu dan Sensasi Menegangkan

Film horror dapat menimbulkan rasa berdebar dan berkeringat dingin pada penontonnya yang disebabkan oleh ketakutan. Hal ini menyebabkan adrenalin meningkat serta timbul rasa menegangkan. Pada umumnya memacu adrenalin dan sensasi menegangkan dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal ekstrim seperti bungee jumping, panjat tebing, dan terjun payung. Namun pada penggemar film horor memacu adrenalin dapat dilakukan dengan menonton film sehingga menimbulkan rasa senang. Dorongan dari adrenalin ini dipicu oleh rasa takut dan terutama rasa penasaran yang luar biasa disaat bersamaan yang dapat meredakan stress dan menaikkan mood. Bahkan, beberapa penelitian menyatakan bahwa nonton film horror sama dengan olahraga loh!

  1. Kepo atau Rasa Ingin Tahu Meningkat

Ketika kita menggunakan gadget, terkadang berbagai bentuk informasi dapat ditemukan dengan mudah di media sosial, seperti misalnya dari film horror yang sedang nge-trend, pembahasan tentang film tersebut dan berbagai bentuk lainnya yang dapat menimbulkan rasa penasaran dari audience akan alur ceritanya. Dari rasa kepo ini akan memunculkan keingintahuan kita untuk mengulik informasi lebih lanjut tentang dimana film ini dapat ditonton, kapan jam tayangnya, bahkan artis yang memainkan. Lebih lanjut, film dengan genre horror biasanya menggunakan ambience, musik, dan berbagai elemen pendukung lainnya untuk mendukung alur ceritanya. Nah, dengan elemen pendukung tersebut, biasanya film horror menyimpan sebuah plot yang membuat penasaran yang dibumbui dengan ketegangan. Jadi, tidak dapat dipungkiri jika penikmat film horor akan terus mencari film horor ter-update bahkan mendata film-film apa saja yang belum mereka tonton. Selain itu, horror addict pasti akan mencari fakta-fakta yang terjadi selama syuting film berlangsung untuk menghilangkan rasa penasaran setelah menonton film horor tersebut. Nah, dari rasa kepo seseorang juga dapat ketagihan dengan film tersebut lho.

  1. Jarang Dilanda Rasa Bosan

Sudah sewajarnya orang yang mengalami kebosanan akan mencari hiburan terutama saat di era saat ini yang mudah sekali untuk mendapatkan hiburan. Inilah yang menjadi alasan seseorang menjadi penggemar film horror. Selain memacu adrenalin, menonton film horror juga dapat menghilangkan rasa bosan karena referensi film yang itu-itu saja. Sebab saat ini banyak sekali film-film horor yang diproduksi baik itu di Indonesia maupun di luar negeri. Selain mengikuti tren film yang sedang booming, kadang seseorang ingin mencari suasana baru melalui film yang ditontonnya.

Sebenarnya menonton film horor tidak hanya memberikan dampak negatif seperti membuang-buang waktu, dan lain sebagainya. Nah, dari uraian di atas, apakah Manis masuk ke salah satu penggemar film horor dan mengalami beberapa fakta yang udah Minis disebutkan?

Referensi:
https://id.theasianparent.com/manfaat-menonton-film-horor
https://www.tagar.id/7-manfaat-positif-nonton-film-horor-untuk-kesehatan#:~:text=Berikut%20berbagai%20manfaat%20menonton%20film%20horror%20mengutip%20berbagai,Meningkatkan%20Percaya%20Diri%20…%207%207.%20Meningkatkan%20Relasi

Puti Zahra Nayla