Movie Review: The Lion King

Sutradara: Jon Favreau

Penulis: Jeff Nathanson

Pemeran: Donald Glover, James Earl Jones, Chiwetel Ejiofor, Beyoncé, JD McCrary

Rating: Bimbingan Orangtua (Parental Guidance)

 

“NANTS INGONYAMA BAGITHI BABA!”

 

Siapa yang tidak kenal dengan film The Lion King. Film yang berceritakan tentang Simba, seekor singa, yang harus berjuang menghadapi berbagai konflik yang terjadi dihidupnya dikarenakan oleh Scar, paman nya, yang berniat jahat untuk membunuh dan menjatuhkan kekuasaan Mufasa, ayah Simba. Film animasi yang pada awalnya diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation dan dirilis pada tahun 1994 silam merupakan salah satu film animasi yang paling sukses pada era-nya, film ini pun tercatat mendapatkan pendapatan kotor sebanyak $783 juta.

Tahun ini Walt Disney Pictures me-remake film The Lion King yang dirilis pada Juli 2019, pada kesempatan kali ini The Lion King (2019) disutradarai oleh Jon Favreau. The Lion King (2019) dikemas dengan menggunakan teknologi animasi komputer yang canggih, bertabur dengan animator maupun sinemator yang handal, pengisi suara yang bertabur bintang.

Kelebihan lain yang terdapat didalam film ini yaitu penambahan original song The Lion King yang berjudul SPIRIT yang dinyanyikan oleh Beyonce Knowles sebagai salah satu pengisi suara dalam film, pemilihan pengisi suara tepat, dan didalam film tidak menghilangkan unsur-unsur kehidupan . Disisi lain, penggambaran karakter singa betina sukar untuk dibedakan satu sama lain, hal yang membedakannya hanya berdasarkan suara per masing-masing karakter. Karena animasi yang terlalu nyata, menghilangkan kharisma beberapa hewan. Serta penggambaran ekspresi masing-masing hewan kurang sehingga pada saat penggambaran kesedihan kurang berasa pilu ataupun kesedihannya.

Namun film The Lion King (2019) tetap cocok untuk menjadi salah satu film keluarga yang direkomendasikan untuk ditonton karena konflik yang digambarkan secara sederhana, dapat ditonton oleh siapapun, banyak pelajaran yang dapat dikutip, animasi visual yang dikemas secara rapih.

Ilham Mohadi