Sejarah Perkembangan Musik Pop di Indonesia

Apa itu Musik Pop ?
Musik pop atau Musik populer adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyak bersifat komersial. Musik Pop pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 di mana rekaman pertama kali dibuat berdasarkan penemuan Thomas Edison.
Istilah pop dicetuskan pertama kali oleh pengamat seni rupa berkebangsaan Inggris, Lawrence Alloway. Dengan kata lain, musik pop itu berasal dari kata populer dan komersil, tak heran jika musik ini banyak memiliki peminat sampai sekarang.

Melalui gerakannya, pop itu dimaksudkan sebagai bumbu penyedap untuk mendobrak pandangan-pandangan lama seiring berkembangnya zaman. Kemunculan musik pop ini pun kian digemari di seluruh dunia dengan perpaduan berbagai irama yang ada seperti Rhumba, Samba, Congsa, Mambo, dan jenis lainnya mulai tahun 1940. Dengan bermodalkan musik yang easy listening, musik pop bisa di tunjang oleh penggunaan teknologi dan tidak terbatas hanya pada satu aliran tertentu. Misalkan, nada dari proses mixing atau gitar listrik dapat bervariasi.

Musik pop banyak dipahami secara komersial oleh rekaman musik, karena berorientasi menuju pasara muda, karena lirik lagu yang relatif sederhana, namun memiliki pesan yang mendalam. Musik pop juga merujuk pada salah satu genre musik yang memiliki daya tarik secara luas, dan biasanya disalurkan ke khalayak melalui industri musik. Berbeda dengan seni musik tradisional, yang biasanya penyebarannya secara akademis, lingkup lebih kecil, dan penonton lokal.

Perkembangan Musik Pop di Indonesia
Di Indonesia musik pop mulai berkembang pada tahun 1960-an atau tepatnya sejak kemunculan Grup band The Beatles. Saat itu lagu-lagu pop mulai banyak disukai masyarakat Indonesia khususnya anak-anak muda atau remaja. Grup musik pop biasa sering disebut dengan sebutan band yang menggunakan peralatan ataupun alat musik elektronik atau modern. Instrumen wajib yang ada disebuah band antara lain, Gitar melodi atau rhythm, gitar bass, dan piano.

Puncak dari perkembangan musik pop di Indonesia diawali dari sebuah grup yang fenomenal di tahun 1970-an. Grup band tersebut bernama koes plus. Koes plus merupakan band yang memiliki andil besar dalam perkembangan musik pop di Indonesia. Grup band ini menjadi legendaris di Indonesia karena puluhan atau bahkan ratusan lagu yang mereka buat. Koes plus memiliki versi yang berbeda-beda disetiap lagunya, antara lain versi pop, pop jawa, dangdut, irama melayu, lagu berbahasa inggris, pop anak-anak, keroncong, hard beat, dan folk song. Lagu yang diciptakan band legendaris ini sangat sederhana baik dari segi syair, musik, maupun melodi sehingga lagu-lagu mereka masih tetap digemari sebagian masyarakat indonesia sampai sekarang.

Musik pop di Indonesia terbagi dari beberapa jenis aliran berdasarkan usia. Syair yang lebih pendek dari biasanya dengan struktur yang lebih sederhana merupakan jenis aliran dari musik pop untuk anak-anak, tema dari musik tersebut selalu berkaitan dengan hal-hal yang mendidik seperti sekolah, mencintai orang tua dan tuhan, mencintai tanah air, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jenis aliran musik pop untuk orang dewasa atau remaja memiliki tema yang bervariasi seperti kehidupan remaja, kisah cinta, kritik sosial, patah hati, kehilangan seseorang, dan religi.

Author: Mochamad Azka
Referensi:
http://musicofouruniverse.blogspot.com/2015/10/sejarah-perkembangan-musik-pop-di.html
http://musicofouruniverse.blogspot.com/2015/10/sejarah-perkembangan-musik-pop-di.html
https://www.kiostix.com/id/article/10/sejarah-musik-pop-dan-berkembangnya-di-indonesia#:~:text=Berkembangnya%20Musik%20Pop%20di%20Indonesia,band%20dari%20Malaysia%20dan%20Singapura.