Hari Musik Nasional

     Indonesia memperingati Hari Musik Nasional setiap tanggal 9 Maret. Website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dibuka pada Kamis (3/9/2023) dan penetapan Hari Musik Nasional diawali dengan pemilihan tanggal lahir komponis besar Indonesia Wage Rudolf Supratman atau lebih dikenal dengan W.R. Supraman . Ada yang mengklaim pencipta lagu Indonesia Raya lahir pada 9 Maret 1903.

     Oleh karena itu, Presiden keenam Republik Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono, mencanangkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013. Perpres tersebut menyatakan bahwa musik merupakan ekspresi kebudayaan yang bersifat universal dan multidimensi, mewakili nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dan berperan strategis dalam pembangunan nasional.

     Seorang musisi legendaris mengatakan bahwa, “musik adalah bahasa universal”. Musik adalah media yang tidak hanya menembus dimensi ruang dan waktu, tetapi juga dapat menyentuh hati dan jiwa manusia di berbagai bidang kehidupan. Tidak ada yang akan pernah tahu kapan musik pertama kali dimulai. Karena setiap suara alami memiliki nadanya sendiri. Guntur mengaum, angin bertiup, bahkan kerikil pun bisa bernyanyi. Musik menjadi alat yang istimewa dalam kehidupan sehari-hari saat kita sedang sedih, senang, galau, bingung, takut, marah dan bahagia. Musik tidak segan-segan memberikan ruang bagi kita untuk mengekspresikan diri. Tidak ada orang yang tidak menyukai musik.

     Setiap manusia memiliki bakat alami. Salah satunya adalah untuk musik. Dia bisa menjadi musisi handal atau penikmat musik mutlak. Orang-orang, dalam segala bentuk dan setiap profesi, pasti memiliki musik favorit. Bahkan mungkin musik favorit saya dan musik Obama identik. Siapa yang tidak mengenal musik blues? Atau jazz yang aslinya berasal dari musisi kulit hitam. Selama masa perbudakan itu mereka memperjuangkan hak dan hidup mereka untuk musik. Dari sini kita mengenal nama-nama besar seperti W.C Handy, Gertrude Pridette, Robert Johnson dan Garry Moore. Siapa yang tidak tahu gaya “grunge” kelahiran 90-an yang disukai oleh Kurt Cobain dari band legendaris Nirvana di masa kejayaan musik punk rock sebagai cermin jiwa dari jiwa gelap, kebebasan, amarah. dan kekuatan untuk bangkit dari kesengsaraan.

     Musik membawa angin revolusi, musik memberi kita perubahan, musik adalah inspirasi yang menemani kita setiap hari, musik memberi kehidupan, music juga memberikan kenangan untuk kita. Musik adalah segalanya. Selamat hari musik!

Referensi :

https://www.suarasurabaya.net/senggang/2023/alasan-9-maret-ditetapkan-sebagai-hari-musik-nasional/

https://suaramahasiswa.info/alternatif/artikel/artikel-musik-untuk-kehidupan/