Meet “The First Take”

Semua orang pastinya gemar mendengarkan musik, apalagi ketika musik tersebut disajikan dalam bentuk video pada channel YouTube. Namun, untuk menghasilkan sebuah video musik yang berkualitas dan berpotensi untuk meraih viewers yang banyak, tentu perlu menampilkan sesuatu yang unik dan berbeda. Di samping visual yang baik, hasil audio dari lagu yang dinyanyikan pun juga harus jernih dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, tidak heran apabila memerlukan waktu yang lama ketika melakukan rekaman lagu. Lantas, apa hubungannya dengan “The First Take”?

Sumber : twitter.com / The_FirstTake

Disutradarai oleh Keisuke Shimizu, YouTube channel “The First Take” telah meraih sebanyak lebih dari seratus juta penonton pada lima bulan pertamanya. Dengan melakukan projek kolaborasi bersama para musisi Jepang papan atas, “The First Take” mengadopsi konsep perekaman video musik yang cukup unik. Konsep yang digunakan bertempat di sebuah studio putih polos dan cukup microphone saja yang berada di ruang tersebut. Musisi Jepang yang sedang melakukan kolaborasi dengan “The First Take” akan diminta untuk hanya berdiri di depan microphone sambil menyanyikan lagu miliknya. 

Sumber: netafull.net

Sesuai dengan deskripsi singkatnya pada gambar di atas “One take only, One life only”, YouTube channel ini hanya melakukan perekaman dalam sekali take saja sehingga musisi yang akan bernyanyi harus sudah siap dengan lagu yang akan dibawanya itu. Pengambilan kedua video dan audio yang dilakukan hanya dalam satu waktu ini mendatangkan suasana dan pengalaman baru terhadap penonton serta penikmat platform YouTube. Ketika video musik lainnya menggunakan konsep yang terkesan meriah, ramai, dan penuh persiapan, video – video pada channel YouTube ini memberikan kesan yang spontan dan polos. Hal inilah yang membuat para penonton suka dan tertarik untuk mengikuti video kolaborasi lainnya yang diunggah oleh “The First Take”. 

Berikut adalah beberapa musisi Jepang terkenal yang pernah ikut melakukan kolaborasi di video – video YouTube channel “The First Take”:

  1. Yuuri – BETELGEUSE
  2. YOASOBI – Gunjo
  3. LiSA – Gurenge (紅蓮華)
  4. Aimer – Zankyosanka
  5. miletxCateen – Ordinary Days

Video musik dengan konsep one take tidak hanya unik oleh karena tampilan visualnya yang polos dan suasana spontan, tetapi juga membuktikan sisi otentik dari musisi tersebut. Selain itu, video musik one take ini juga dapat memperlihatkan kepada para penonton apa yang sebenarnya terjadi pada saat perekaman untuk kali pertama. Dengan begitu, penonton pun juga akan lebih memahami dan mendapat isi, aura, serta maksud lagu yang dibawakan oleh para musisi layaknya seperti di sebuah konser private.

 

Karya: Eugenia Carisa

Referensi :
TBWA/HAKUHODO. (2020, 29 April). Keisuke Shimizu Plans and Directs “The First
Take”. https://www.tbwahakuhodo.co.jp/en/news/200425-tft/