PERBEDAAN SIKAP SEMBAHYANG DAN MAKNANYA BAGI UMAT HINDU

Sumber : https://mojok-co.cdn.ampproject.org/i/s/mojok.co/wp- content/uploads/2019/11/ibadah-umat-hindu.jpg

Written By : Ni Putu Sinta Maharani

embahyang merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh   umat Hindu karena mempunyai banyak tujuan, salah satunya adalah untuk melakukan penebusan dosa, menyucikan diri baik secara lahir dan batin, bentuk bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi beserta manifestasinya dll. Dalam melakukan persembahyangan tentunya tidak boleh sembarangan dalam mengambil sikap agar sembahyang yang kita lakukan tidak menjadi mubazir.

Adapun beberapa sikap sembahyang yang digunakan oleh umat Hindu saat melakukan persembahyangan yaitu:

 

  1. Asana

Asana yaitu sikap sembahyang yang dimulai dengan diikuti sikap duduk yang baik. Sikap sembahyang asana laki-laki dengan perempuan berbeda, jika seorang laki-laki mengambil sikap bersila dengan kedua kaki kanan dan kiri dilipat diikuti dengan badan tegak lurus (Padmasana) sedangkan perempuan mengambil sikap duduk bersimpuh diikuti dengan badan tegak lurus (Bajrasana).

    2. Pranayama

Pranayama yaitu sikap sembahyang dengan mengatur pernafasan diikuti dengan      badan tegak lurus. Sikap pranayama mempunyai 3 tahapan yaitu menarik nafas secara perlahan diikuti dengan mengucapkan mantram di dalam hati(Puraka), menahan nafas hingga ke dada dipenuhi dengan udara sambil mengucapkan matram(Kumbhaka), mengeluarkan nafas secara perlahan dari dada dengan tetap mengucapkan mantram(Recaka).

   3. Karasoddhana

Karasoddhana yaitu tahap untuk menyucikan pikiran terlebih dahulu sebelum  melakukan persembahyangan dengan mengikuti badan yang tegak lurus.

Karasoddhana mempunyai 2 tahapan yaitu tangan kanan diatas tangan kiri diikuti dengan mengucapkan mantram dan tangan kiri diatas tangan kanan diikuti dengan mengucapkan mantram.

 

Referensi:

Unknown. (2016, May 24). Makna,TujuanDanManfaatSembahyang. Hindu Alukta. Retrieved October 18, 2021, from https://hindualukta.blogspot.com/2016/05/makna-tujuan-dan-manfaat-sembahyang.html. 

Kusniarti, A. A. S. (2021, April 6). MaknaSikapAsanaDanPranayamaDalamTriSandyadiBali. Tribun. Retrieved October 18, 2021, from https://bali.tribunnews.com/amp/2021/04/06/makna-sikap-asana-dan-pranayama-dalam-tri-sandya-di-bali?page=3. 

Ni Putu Sinta Maharani