Makna Mengenal Tuhan Melalui Alam dan Sesama Manusia

Mengenal Tuhan melalui alam memiliki makna menyadari dan merasakan hadirnya Tuhan melalui Alam. Alam merupakan sumber kehidupan. Melalui alam manusia bisa mendapat tempat tinggal, makanan, serta minuman. Alam merupakan ciptaan Tuhan untuk diberikan kepada  manusia dan Tuhan hadir dalam pemberian-Nya itu. Dengan menyadari bahwa alam merupakan wujud hadirnya Tuhan maka sudah seharusnya manusia tidak merusak alam melainkan menjaga kelestarian dan keberlangsungan alam.

Mengenal Tuhan melalui sesama bermakna menyadari dan merasakan hadirnya Tuhan melalui sesama manusia. Manusia merupakan makhluk sosial yang berarti manusia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan manusia lain. Kebaikan, bantuan, perhatian yang didapat dari manusia lain merupakan bentuk mengenal Tuhan dari sesama. Melalui sesama manusia bisa menjadi perantara ataupun penampakan figure Tuhan dengan segala kebaikan-Nya. Oleh sebab itu, sebagai manusia sudah seharusnya saling mengasihi, menolong, dan mencintai dengan manusia lainnya. Selain itu, sesama manusia juga harus menghindari berbuat jahat seperti menyakiti, bertikai, membohongi manusia lainnya.

Hinduisme mengajarkan bahwa untuk mengenal Tuhan, seseorang dapat melalui pengamatan alam dan interaksi dengan sesama manusia. Dalam pandangan Hindu, Tuhan, yang dikenal sebagai Brahman, adalah kehadiran yang meliputi segala hal dalam alam semesta. Melalui refleksi pada alam semesta dan pemahaman atas diri sendiri serta sesama manusia, seseorang dapat menemukan cahaya spiritual yang menghubungkan mereka dengan Tuhan. Kitab suci Hindu seperti Veda dan Upanishad memberikan wawasan tentang kebijaksanaan ini. Contohnya, Chandogya Upanishad menyatakan bahwa alam semesta berasal dari Brahman, ada di dalam-Nya, dan menuju-Nya. Sementara Bhagavad Gita menegaskan bahwa Tuhan ada dalam segala hal, termasuk dalam diri manusia. Dengan demikian, melalui kecintaan terhadap alam dan rasa saling menghormati dan kepedulian terhadap sesama manusia, seseorang dapat mengenali dan berhubungan dengan Tuhan menurut ajaran Hindu.

Secara umum, kesimpulan dari pandangan Hindu tentang mengenal Tuhan melalui alam dan sesama manusia adalah bahwa alam adalah perwujudan Tuhan yang memberikan kehidupan dan keberlimpahan bagi umat manusia. Melalui pengamatan alam, seseorang dapat menyadari kehadiran Tuhan dalam setiap aspek ciptaan-Nya. Sementara itu, interaksi positif dengan sesama manusia memberikan kesempatan untuk merasakan kasih sayang dan kebaikan Tuhan melalui orang lain. Hinduisme menekankan pentingnya menjaga keseimbangan dengan alam dan berlaku penuh kasih sayang serta kepedulian terhadap sesama manusia. Dengan cara ini, seseorang dapat mencapai pencerahan dan menyatu dengan Tuhan, merasakan kasih-Nya yang tak terhingga dalam hubungan yang intim dengan alam dan sesama manusia.

 

Referensi :

Diktat Utama CB Agama (penulis: Tim Dosen CBDC, Binus University, halaman 34-40.

Heinrich Reagan dkk. 2021. Alam Sebagai Penampakan Tuhan: Makna dan Relevansinya dalam Kehidupan Orang Beriman. Binus University https://binus.ac.id/character-building/2021/02/alam-sebagai-penampakan-tuhan-makna-dan-relevansinya-dalam-kehidupan-orang-beriman/

Chintya De, Cristian Siregar. 2021. Mengenal Wajah Tuhan dalam Kemanusiaan. Binus University. https://binus.ac.id/character-building/2021/02/mengenal-wajah-tuhan-dalam-kemanusiaan/