IR. TJOKORDA RAKA SUKAWATI, TOKOH HINDU YANG BERPERAN DALAM KEMAJUAN KONTRUKSI DI INDONESIA

Ir. Tjokorda Raka Sukawati, Tokoh Hindu yang Berperan dalam Kemajuan Kontruksi di Indonesia

Written By : Ni Putu Sinta Maharani

Ir. Tjokorda Raka Sukawati lahir pada tanggal 3 Mei 1931 di Ubud, Bali – meninggal pada tanggal 11 November 2014. Tjokorda Raka menggapai gelar Insinyur setelah menyelesaikan pendidikan dengan jurusan teknik sipil di Institut Teknologi Bandung 1962 dan di tahun 1996 beliau menerima gelar Doktor di Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Beliau menjalani profesi di PT. Hutama Karya yakni Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kepemimpinan Departemen Pekerjaan Umum (PU).

Tjokorda Raka merupakan salah satu insinyur indonesia yang memiliki peran penting dalam menemukan teknik Sosrobahu. Beliau menemukan teknik konstruksi Sosrobahu ketika menjalankan pekerjaan jalan layang antara Cawang dengan Tanjung Priok di Jakarta. Teknik ini diciptakan akibat susahnya pembangunan jalan tol diatas jalanan yang mempunyai mahalnya tarif pembebasan lahan untuk pembangunan jalan sehingga dapat membantu dalam pembuatan suatu jalan layang tanpa menghambat kegiatan masyarakat khususnya keadaan hilir mudiknya kendaraan  pada saat pembangunannya.

Sebelum Tjokorda mempraktekan penemuan teknik konstruksi Sosrobahu, beliau meluangkan waktu untuk beribadah di atas konstruksi itu dengan menganut kepercayaan agama beliau yaitu agama Hindu dan beliau merasa yakin bahwa penemuannya akan beroperasi sesuai rumusan ilmiah yang ada. Namun ternyata atas keyakinannya penemuan teknik Sosrobahu itu dapat beroperasi sebagai halnya tanpa kurang suatu apa pun meskipun teknik tersebut belum dilakukan percobaan secara khusus di laboratorium dan beliau mengatakan bahwa penemuan itu merupakan 80% atas kehendak yang MahaKuasa. Selain itu, teknik konstruksi Sosrobahu telah diapresiasi dan dimanfaatkan di berbagai negara di Asia.

Ni Putu Sinta Maharani