BALI YANG SANGAT IDENTIK DENGAN HINDU

Pura Maospahit : salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Denpasar. https://denpasarkota.go.id/datangkunjungi/baca/1080

Written By : Ni Wayan Cassya Bellinda Putri

Bali, provinsi di Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya serta disebut sebagai Pulau seribu Pura. Memiliki budaya yang unik serta sangat melekat terhadap kehidupan disana mencerminkan bahwa masyarakat di Pulau Bali sangat berpegang teguh terhadap budaya yang sudah ada. Salah satunya adalah Agama Hindu. Hindu pertama kali masuk ke Bali pada abad ke-8, dengan bukti munculnya prasasti yang bercorak Hindu. Serta terkait dengan kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan yang bercorak hindu. Namun setelah mulai munculnya kerajaan Islam, apakah yang membuat Bali tetap identic dengan Hindu serta menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mayoritas beragama Hindu.

Bali sangat memiliki hubungan erat denga kerajaan Majapahit. Hal ini berkaitan dengan salah satu penyebab mengapa hindu dan Bali memiliki hubungan yang sanga erat. Pada masa itu kehidupan sangat ditata oleh orang suci yang beragama Hindu karena perkembangan yang sangat pesat. Karena pada saat itu para pendeta suci sangat berpegang teguh terhadap ajaran dan budayanya banyak yang tidak ingin untuk menganut agama lainnya walaupun kerajaan majapahit surat ditaklukan. Mereka pun melakukan transimigrasi ke Pulau Bali. Hal lain yang menyebabkan Bali identik dengan hindu adalah mulai masuknya Belanda dan menahan dari pengaruh luar karena sumber daya yang dimiliki sangat berpotensi serta budaya yang masih sangat kental.

Hal – hal diatas merupakan alasan mengapa Hindu dan Bali sangat identik. Selain karena latar belakang yang sudah terbentuk dari jaman dahulu yang mengakibatkan mayoritas memeluk Agama Hindu, masyarakat Bali juga sudah sangat kental terhadap budayanya sendiri dan sudah mengalir secara alami.

 

 

Ni Wayan Cassya Bellinda Putri