GEDONG BAGOES OKA SEBAGAI TOKOH PERDAMAIAN

MENGENAL LEBIH JAUH GEDONG BAGOES OKA SEBAGAI TOKOH PERDAMAIAN

 Gedong Bagus Oka dalam materai Pos Indonesia keluaran 2004

Written By : Putu Chintya Puja Ningtyas

Gedong Bagoes Oka atau biasa disapa dengan nama Ibu Gedong merupakan wanita kelahiran Karangasem, 2 Oktober 1921. Beliau merupakan salah satu Tokoh berpengaruh dan cukup terkenal pada jaman itu karena perjuangannya untuk perdamaian dan kerukunan antaragama.

Ibu Gedong termasuk orang yang beruntung dibandikan dengan usia sebayanya saat itu, karena dilahirkan dalam keluarga pejabat kolonial, sehingga Ia mampu mendapatkan kesempatan untuk bersekolah dengan layak dan seusai menempuh pendidikannya, Ia sempat mengajar di beberapa sekolah di Singaraja, Denpsar dan juga Bogor yang kemudian menjadi kepala sekolah pertama di SMA Negeri Singaraja, Bali.

Mahatma Gandhi adalah orang yang menginspirasinya selama ini, namun sayangnya Ia tidak sempat melihat Tokoh panurannya tersebut karena Mahatma Gandhi telah meninggal 5 tahun sebelum Ia berkesempatan mengunjungi India pada tahun 1953. Namun Ia bertemu dengan orang yang yang diangap sebagai ahli waris spiritual Mahatma Gandhi, yaitu Vinoba Bhave dan kemudian menghabiskan waktunya untuk mempelajari ajaran Gandhi.

Sepulangnya dari sana, Ia menyebarkan ajaran-ajaran tersebut dan kemudian mendirikan Ashram Gandhi Candidasa di tahun 1970. Ashram tersebut sangat mencerminkan Ibu Gedong yang tidak memandang perbedaan suku, agara, ras dan budaya. Semua orang boleh masuk ke ashram tersebut.

Ibu Gedong meninggal pada 14 November 2002 di Jakarta. Pemakamannya tersebut dihadiri oleh alm. Gus Dur, Dr. Th. Sumartana dan juga para sahabat penggerak perdamaian lainnya. Karena pengaruhnya tersebut, wajah beliau dimunculkan kembali dalam materai Pos Indonesia keluaran 2004.

 

Putu Chintya Puja Ningtyas