LEAK SEBAGAI MAKHLUK MITOLOGI BALI

Gambar Leak Bali Source: kumparan.com/selidik/asal-usul-leak-bali

Bali memang tidak pernah lepas dari hal – hal mistis, Salah satunya leak. Leak merupakan mahluk mitologi Bali yang digambarkan sebagai penyihir jahat. Dalam kepercayaan orang Bali yang sering kita dengar, leak digambarkan sebagai manusia biasa yang menggunakan ilmu sihirnya untuk bisa hidup lebih lama.

Terdapat cerita rakyat yang menceritakan asal mula leak dikenal jahat adalah karena Ki Rangda yang ingin membalas demdamnya dengan ilmu leak akibat ia dikucilkan. Ia mempelajari ilmu leak dengan tujuan yang salah dengan menyebarkan wabah penyakit ke kerajaan sehingga mengakibatkan hal yang tidak baik. Disitulah mulai muncul anggapan bahwa ilmu leak merupakan ilmu yang jahat dan tidak baik.  Dikatakan bahwa  Leak dalam kehidupannya menggunakan ilmu yang disebut dengan ilmu leak, namun pada dasarnya ilmu leak merupakan ilmu kerohanian yang bertujuan untuk mencari jalan di dalam aksara suci. Leak dalam aksara bali disebut dengan liya, ak yang diartikan sebagai keluar masuknya kekuatan yang ada di dalam aksara ke tubuh dengan cara – cara tertentu. Leak merupakan dasa aksara maka tidak bisa kita langsung beranggapan bahwa hal tersebut merupakan hal buruk. Pada dasarnya masih banyak yang beranggapan bahwa leak bisa saja berwujud sebagai yang baik maupun jahat

Jadi kesimpulan tergantung dari perspektif orang yang melihat, seperti yang dikatakan tadi karena ilmu leak sebenarnya bukan ilmu untuk menyakiti orang lain tetapi kontraksi batin untuk mempelajari aksara suci yang keluar masuk ke tubuh. Hal – hal seperti itu tidak bisa dispekulasikan langsung namun harus diteliti lagi, hal seperti ini tergantung pada diri kita sendiri melihat dari sisi yang mana.

REFERENSI :

Wikimedia Foundation. (2020, November 5).Leak. Wikipedia. Retrieved December 4, 2021, from https://id.wikipedia.org/wiki/Leak.

Ilmuleakdibali,BerhubunganDenganDasaAksara,TujuanHidupDanCaraMatiYangBaik. suara.com. (2021, October 5). Retrieved December 4, 2021, from https://bali.suara.com/read/2021/10/05/142633/ilmu-leak-di-bali-berhubungan-dengan-dasa-aksara-tujuan-hidup-dan-cara-mati-yang-baik?page=all.

Ni Wayan Cassya Bellinda Putri