PENGARUH BUDAYA KOREA TERHADAP KEBUDAYAAN INDONESIA

Written By : Ni Putu Sinta Maharani

Budaya adalah cara hidup yang dimiliki oleh sekelompok orang dan akan semakin berkembang setiap waktunya serta diwariskan secara turun menurun ke generasi berikutnya. Semakin berkembangnya waktu, budaya Indonesia mulai ditinggalkan oleh masyarakat hingga beberapa masyarakat juga mempunyai rasa malu terhadap budaya yang dimilikinya padahal budaya itu sendiri merupakan jati diri sebuah bangsa Indonesia. Adapun contoh budaya luar yang ada di Indonesia yaitu masyarakat Indonesia lebih dominan mengonsumsi makanan siap saji (fast food) dan masyarakat Indonesia dapat mengetahui hingga mempelajari bahasa asing yang sudah masuk ke Indonesia.

Salah satu budaya luar yang berpengaruh bagi budaya Indonesia adalah budaya Korea. Budaya Korea sangat berkembang begitu pesat di Indonesia yang dimulai dari drama film, lagu, makanan hingga fashion yang sangat populer di berbagai negara termasuk negara Indonesia. Banyaknya masyarakat Indonesia yang menggemari budaya pop yang berasal dari korea, maka mereka akan terus mengikuti perkembangan budaya korea dengan menganggap perkembangan tersebut merupakan modernitas yang sedang marak.

Kebudayaan korea yang masuk ke budaya Indonesia semakin berkembang setiap waktunya sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia akan mendapatkan dampak positifnya seperti mempunyai pola pikir yang lebih maju seiring berkembangnya globalisasi. Maka dari itu, masyarakat Indonesia terutama di Bali harus lebih selektif terhadap budaya luar yang akan masuk ke Indonesia apalagi Bali merupakan destinasi wisatawan Korea yang sangat terkenal sehingga masyarakat Bali harus tetap menjaga kebudayaannya agar wisatawan Korea yang sedang berkunjung ke Bali bisa mengenal tentang kebudayaan Hindu yang masih kuat hingga kini.

Ni Putu Sinta Maharani