Hari Pembersihan & Penyucian Diri

Hari pembersihan dan penyucian diri atau yang umat hindu dibali dikenal dengan sebutan Banyu Pinaruh. Banyu Pinaruh sendiri terdiri dari kata Banyu yang artinya air (kehidupan) dan Pinaruh yang dimana berasal dari katra weruh atau pinih weruh yang berarti pengetahuan, sehingga dapat diartikan jika Banyu Pinaruh adalah hari dimana mita memohon atau meminta sumber air pengetahuan. Banyu Pinaruh merupakan rangkaian adalah salah satu rangkain upacara yadnya yang berlangsung sehari setalah Hari Raya Saraswati, yang dimana tepatnya jatuh pada Saniscara Umanis Watugunung yang sangat identik dengan sebuah upacra pembersihan dan penyucian diri.

Di Hari Banyu Pinaruh ini, Para umat Hindu di Bali akan datang ke tempat-tempat yang merupakan sumber mata air seperti pancuran, segara (pantai), sungai, beji yang dimana diyakini sebagai tempat penyucian atau pelburann malat atau pembersihan kotoran batin dengan juga membawa beberapa sarana upacra lainnya yaitu berupa air kembang (kumkuman) dan juga sarana upacara seperti bunga (canang) dan juga dupa.

Secara filosofis, Banyu Pinaruh memiliki makna sebagai penyucian pikiran dengan air ilmu pengetahuan, sesuai dengan uraian dari Pustaka Bagavadgita yaitu: “abhir gatrani sudyanti manah satyena sudayanti” yang berarti badan dibersihkan dengan air sedangkan pikiran dibersihkan dengan ilmu pengetahuan. Disana mengartikan bahwa banyu pinaruh hanya datang ke sumber mata air dan sekedar mandi atau berkeramas, melainkan ada makna penting didalam proses melaksanakan upacara Banyu Pinaruh ini yaitu, membersihkan kotoran dan kegelapan pikiran (awidya) yang melekat dalam tubuh umat dengan ilmu pengetahuan.

Hal itu sesuai dengan yang tertuang didalam Pustaka Bagavagita bab IV sloka 36 yang berisi “api ced asi papebhyah sarvebhyah papa-krt-tamah, sarvam jnana-plavenaiva vrjinam santarisyasi” yang berarti walau kau sorang yang paling berdosa, paling khilaf di antara semua yang berdosa dan khilaf; kau dapat melampaui (lautan) segala dosa-kekhilafan dengan menggunakan perahu pengetahuan sejati.

Pura Tirta Empul Image by Deborah Bates from Pixabay

Sumber : Banyu pinaruh – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Makna Banyu Pinaruh, Hari Pembersihan dan Penyucian Diri – Denpasar Viral, Bhagawad Gita Bab 4 – Puja Shanti

Anak Agung Gede Pranadatta Wisnu Putera