PURA TERTUA DI INDONESIA

Fakta di balik Pura Mandara Giri Semeru Agung, Pura Tertua di Indonesia

Sumber : https://baliexpress.jawapos.com/read/2020/09/28/216148/dibangunberdasarkan-pawisik-dipilih-karena-bau-tanah-harum

Written By : Ni Putu Sinta Maharani

Indonesia memiliki pura tertua bernama Mandara Giri Semeru Agung. Walaupun Bali terkenal sebagai Pulau Seribu Pura, penting bagi kita mengetahui bahwa pura tertua di Indonesia bukan berada di Bali namun berada di Lumajang, Jawa Timur. Bangunan pura tersebut dibuat dengan megah dan memiliki lokasi yang menarik yang berada tepat di timur kaki Gunung Semeru.

Para umat Hindu yang berada di Lumajang memiliki keinginan mendirikan pura di dekat Gunung Semeru apalagi Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang berada di tanah jawa yang sangat disucikan. Keinginan umat Hindu untuk membangun pura menjadi menggebu saat diadakannya proses upacara Nuur Tirta ke Patirtaan Watu Klosot di kaki Gunung Semeru yang dimana para umat hindu harus melakukan perjalanan jauh dan untuk menstanakan tirta sementara waktu, mereka akan bermalaman di kawasan tersebut setelah upacara.

Dalam upaya membangun pura di sekitar tempat upacara tersebut, para umat Hindu harus melakukan usaha dalam mendapatkan izin pendirian apalagi lokasi untuk pembangunan pura tersebut berada dikawasan pemukiman masyarakat non Hindu. Namun karena adanya niat baik antar umat Hindu dan perjuangan yang keras untuk mendapatkan izin maupun pengumpulan dana upaya yang dilaksanakan membuahkan hasil lalu warga yang berada disekitar kawasan tersebut pun ikut bergotong royong membangun Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Ni Putu Sinta Maharani