PERKEMBANGAN AGAMA HINDU DI INDONESIA

Prasasti Ciaruteun, peninggalam Kerajaan Tarumanegara (pendidikanmu.com)

Written By : Putu Chintya Puja Ningtyas

Masuknya agama Hindu di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Orang-orang awalnya memiliki kepercayaan animisme dan vitalitas lalu mereka belajar dan  memilih masuk agama Hindu. Perkembangan ajaran Hindu tidak terlepas dari berdirinya kerajaan-kerajaan bergaya Hindu yang telah mempengaruhi kehidupan masyarakat di segala bidang.

Berikut ini adalah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu di Indonesia:

  • Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai berada di wilayah Kutai Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara. Prasasti Yupa yang ditemukan, berasal dari Pallava dan Sansekerta dari India dan berisi nama Maharaja Kundonga yang merupakan raja  pertama dari Kerajaan Kutai. Penerusnya seperti Aswaman dan Murawaman menunjukkan nama-nama India, dan ritual yang dilakukan adalah ritual Hindu.

  • Kerajaan Tarumanegara

Merupakan kerajaan Hindu tertua yang ada di pulau Jawa.  Kerajaan Tarumanegara diperkirakan berdiri pada abad ke-5 M. Raja Purnawarman adalah rajanya yang memerintah selama 22 tahun. Beliau dipercaya sebagai titisan dewa Wisnu.

  • Kerajaan Mataram Kuno

Merupakan kerajaan yang terletak di bagian selatan Jawa Tengah. Kerajaan ini dibangun sekitar abad ke-8 Masehi. Raja pertamanya adalah Raja Sanjaya, seorang penganut agama Hindu. Pusat pemerintahan Mataram di Jawa Tengah berakhir pada abad ke-10.

  • Kerajaan Majapahit

Merupakan kerajaan Hindu-Budha yang memerintah Nusantara terakhir kalinya. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesi karena kekuasaan Kerajaan Majapahit terbentang dari Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya dan Kalimantan. Pada saat itu, Raden Wijaya dinobatkan sebagai raja Majapahit dengan gelar Kertarajasa Jayawardhana. Raden Wijaya adalah raja yang baik dan bijaksana.

Putu Chintya Puja Ningtyas