WARISAN BUDAYA INDONESIA YANG PERNAH DIKLAIM OLEH NEGARA MALAYSIA

Written By : Putu Chintya Puja Ningtyas

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan total pulau sebanyak 17.504 pulau. Hal tersebut menyebabkan Indonesia memiliki banyak suku dan kaya akan budaya. Banyak juga budaya Indonesia yang memiliki kemiripan dengan negara tetangga. Bahkan ada juga budaya Indonesia yang diklaim oleh negara lain, salah satunya adalah negara Malaysia.

Adapun beberapa warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim oleh Malaysia dilansir dari liputan6.com, antara lain:

  1. Wayang Kulit

Wayang kulit adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim oleh Malaysia. Hal ini disebabkan oleh warga Indonesia yang tinggal di sana sering melaksanakan pertunjukan Wayang. Namun, pada tanggal 27 November 2003, UNESCO mengklaim wayang kulit sebagai warisan budaya Indonesia.

  1. Reog Ponorogo

Warisan budaya yang berikutnya adalah Reog Ponororgo. Padahal dari namanya saja dapat diketahui bahwa budaya Reog ini berasal dari Ponorogo. Namun, Duta besar Malaysia segera membantah hal tersebut untuk menutupinya.

  1. Batik

Selanjutnya, ada batik yang juga diklaim oleh Malaysia. Agar tidak terjadi perdebatan, pemerintah Indonesia segera mendaftarkan batik sebagai warisan budaya Indonesia kepada UNESCO pada tanggal 3 September 2008. Namun UNESCO baru mengakuinya pada tanggal 2 Oktober 2009 setelah melakukan pengecekan.

Itulah beberapa warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim oleh negara Malaysia. Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, kita sebagai generasi penerus bangsa dan juga sebagai anak muda Hindu dapat melakukan upaya-upaya, seperti mempelajari warisan budaya yang ada dan juga kita dapat mempromosikan warisan budaya Indonesia melalui media sosial atau membawa budaya Indonesia dalam pementasan di negara luar.

Putu Chintya Puja Ningtyas