PURA TERBESAR DI BALI

BESAKIH, PURA TERBESAR DI BALI

Sumber : https://natantransport.com/pura-besakih/ : Tampak depan Pura Besakih yang terletak di kabupaten Karangasem, Bali

Written By : Ni Wayan Cassya Bellinda Putri

Bali memang tidak pernah lepas dari sebutan pulau dengan seribu pura. Pastinya hal tersebut menarik para wisatawan salah satunya adalah Pura Besakih. Pura Besakih terletak di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem. Terkenal dengan keindahannya serta kemegahan menjadikan Pura Besakih sebagai salah satu pilihan wisatawan sebagai destinasi yang harus dikunjungi. Selain dengan keindahannya tentu Pura Besakih memiliki sejarah – sejarah serta arsitektur yang menarik yang menarik perhatian wisatawan.

Pura Besakih terdiri dari beberapa bangunan yang mengelilingi nya. Bangunan utama Pura Besakih yaitu Pura Penataran Agung dan 18 Pura pendamping yang terdiri dari 17 Pura Basukian dan 17 lainnya terdiri dari Pura lainnya. Pura Besakih sendiri berdiri karena Rsi Markandya pada tahun 1284 mendengar suara gaib ketika sedang bermeditasi di Dieng yang mengharuskan ia membangun Pura untuk pengikutnya . Hingga ia pun membelah hutan di Pulau Jawa demi menuju Pulau Bali. Mengawali Pura Besakih dengan menaruh kendi Basuki yang hingga saat ini dikenal dengan Besakih. Memiliki arsitektur yang menarik dengan luas tanah 20 hektar serta kemegahan ukiran – ukiran dan tingginya menjadikan Pura Besakih sebagai “Ibu” dari segala Pura di Bali atau Pura Terbesar di Bali serta pusat Agama Hindu.

Hal tersebutlah yang menjadi keunikan Pura Besakih, meskipun terbilang jauh dari pusat wisata namun tetap menjadi Pura yang paling diminati. Sejarah yang menarik perhatian menjadikan Pura Besakih sering menjadi simbol dari keistimewaan Pura – pura di Bali.

Ni Wayan Cassya Bellinda Putri