WARISAN BUDAYA AGAMA HINDU DI KANCAH INTERNASIONAL

 

 

Written By : Ni Wayan Cassya Bellinda Putri

Budaya Indonesia sepertinya tidak bisa lepas dari keberagaman serta keindahan – keindahan yang memang tertanam secara murni dan menjadi warisan unik bagi tiap – tiap daerah di Indonesia. Salah satu warisan budaya yang paling dikenal adalah tari – tarian. Awalnya hanya sebagai tradisi , namun berkembang menjadi sebuah aset yang dimiliki sebagai warisan budaya yang paling diminati hingga luar negara seperti Tari Bali.

Tari bali salah satu warisan agama hindu yang saat ini dijadikan sebagai pertunjukan untuk menghibur para turis – turis mancanegara serta menjadi salah satu jenis tari yang paling terkenal saat ini. Tari Bali sendiri merupakan wujud dari penyembahan kepada Sang Pencipta serta memiliki gerakan yang indah sesuai dengan irama serta lekak – lekuk tubuh yang sangat lincah yang keluar dari penarai tersebut. Tari persembahan yang paling dikenal adalah Tari Pendet. Tari Pendet merupakan tarian yang awalnya hanya ditampilakn di Pura – Pura sebagai wujud dipersembahkan bagi para Dewa atas turunya ke Bumi. Seiring berjalan waktu ternyata Tari Pendet sangat diminati sehingga mulailah ditampilakn secara umum sebagai tari pembuka pada acara tertentu dan hingga saat ini tari pendet menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang pernah ditampilakan di luar negeri yaitu Australia.

Hal tersebut mencermirkan banyak orang memiliki ketertarikan terhadap Budaya Bali serta Hindu yang memiliki keberagamanya yang tidak ada habisnyaa. Ritual – ritual adat yang berkaitan dengan Agama Hindu pun menjadi daya tarik tersendiri di luar negeri. Sehingga banyak pihak mancangera yang tidak segan untuk menampilakan dan mempelajari Tari Bali secara lebih mendalam

Ni Wayan Cassya Bellinda Putri