National Business Plan Competition “D’IMPACT 2025 : Create to Impact: Building Brands with Smart Strategies”

Antusiasme mahasiswa terhadap dunia bisnis dan inovasi terus memuncak setiap tahunnya. Merespons tren positif tersebut, IMCB @Semarang mengambil langkah dengan menggelar National Business Blam Competition (NBPC) D’IMPACT 2025. Mengangkat tema “Create to Impact: Building Brands with Smart Strategies” , kompetisi ini secara diselenggarakan sebagai panggung bagi mahasiswa di seluruh Indonesia untuk memperkenalkan ide bisnis yang relevan dan menjawab kebutuhan masa kini.
Meskipun baru pertama kali digelar, D”IMPACT 2025 berhasil menarik perhatian yang luar biasa. Gairah kompetisi sudah terasa sejak hari pertama pendafataran dibuka, yakni pada 15 September – 07 Oktober 2025. Dalam kurun waktu singkat, panitia mencatat 82 Tim yang berpartisipasi dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia, dimana setiap tim terdiri dari dua hingga tiga individu.
NBPC D’IMPACT 2025 menguji para peserta melalui dua fase krusial:
- Stage 1 – Penilaian Awal : Tahap ini befokus pada kelayakan ide. Setiaptim wajib mengumpulkan Business Model Canvas (BMC) dan Proposal Bisnis yang menjadi dasar penilaian awal dewan juri.
- Stage 2 – Final Presentasi : Sepuluh tim terbaik yang lolos seleksi awal diundang untuk bertanding langsung di Kampus BINUS @Semarang pada 22 November 2025. Pada tahap ini, peserta diuji tidak hanya pada kekuatan ide, tetapi juga kemampuan komunikasi, dan kerja sama tim untuk presentasi secara terbuka dihadapan publik dan juri professional.
Proses penjurian di babak final ini berlangsung sangat ketat dan berkolaborasi dengan akademisi dari dua kampus berbeda. Dewan juri terdiri dari Yimmy Iskandar, S.T., M.B.A. dan Dian Martha, S.E., M.B.A. dari BINUS @Semarang, serta Dr. Kardison, S.E., M.Sc., yang menjabat sebagai Kepala Program Studi Digital Business UNDIP.
Sebelum mencapai puncak acara, para finalis diajak untuk mengikuti sesi Seminar yang bertema #BrandUpYourself yang dibawakan oleh narasumber Lusi Noviani Prasetyo, S.Ds., M.M., sesi ini berlangsung interaktif dan memberikan insight mendalam mengenai personal branding dalam meniti karier professional.
Tak lupa, terselenggaranya D’IMPACT 2025 didukung penuh oleh pihak sponsor. Panitia mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan oleh Femmy Bintang Toedjoe, Café Pou, dan Salad Fitto.
Setelah melewati serangkaian penilaian, tibalah momen yang paling dinantikan. Tiga tim dinobatkan sebagai yang terbaik, menunjukkan bahwa mereka tidak hanya memiliki ide yang kuat, tetapi juga strategi eksekusi yang matang:
Juara 1 : Catalyst (UNDIP)
Juara 2 : Tim Timan (BINUS @Semarang)
Juara 3 : Petantang Petenteng (BINUS @Jakarta)
Penyelenggaraan perdana D’IMPACT 2025 menghadirkan lebih dari sekedar kompetisi. Acara ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menunjukan kreativitas dan kerja keras mereka. IMCB @Semarang berharap langkah awal ini menjadi fondasi bagi ruang kompetisi yang terus berkembang dan membuka peluang lebih luas bagi inovator mudah di tahun mendatang.