IMCB

Storytelling Products: Jangan cuma jual produk, tapi ceritakan kisahnya!

Hai Immers! Kalian pernah ga membeli suatu product karena merasa tertarik dengan cerita di balik product tersebut? Contohnya, bagi para pendengar musik lebih memilih menggunakan spotify karena pendekatan yang digunakan spotify lebih personal, seperti fitur “wrapped” yang memberikan ringkasan mengenai lagu-lagu yang sudah didengarkan. Hal tersebut menunjukan bahwa spotify menggunakan storytelling untuk meningkatkan performa penjualan mereka. Sebenarnya, apa itu Storytelling Marketing?
Storytelling adalah sebuah cerita yang menggerakkan pendengarnya, merasakan sesuatu yang
mungkin terasa berbeda, dan mengambil pendekatan atau bahkan tindakan yang menarik (Aaker dkk. 2012). Sehingga dapat disimpulkan, bahwa Storytelling Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan sebuah narasi dibalik produk yang ditawarkan untuk menarik pembeli.

Setelah ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata Storytelling Marketing ini mempunyai beberapa jenis. Seperti Brand Stories, Product Stories, serta Customer Stories. Yuk kita pahami lagi
jenis-jenis tersebut.

1. Brand Stories
Jenis ini menampilkan cerita dibalik brand tersebut seperti dari cerita pembuatannya atau sejarah brand, dan founder dari brand tersebut. Hal ini bertujuan untuk menarik simpati dari konsumen dengan menghubungkan cerita dengan brand tersebut.
2. Product Stories
Lalu di jenis ini menggunakan cerita pembuatan dari produk yang dijual. Seperti, kalian menonton video promosi suatu brand yang mengeluarkan produk baru. Lalu isi dari video tersebut menunjukan tantangan yang dihadapi saat proses R&D (Research
& Development) produk tersebut. Melihat hal tersebut menarik perhatian kalian karena kalian yakin dengan kualitas dan nilai dari produk tersebut bahwa produk tersebut tidak hanya meluncurkan produk dengan asal-asalan.
3. Customer Stories
Jenis ini menggunakan testimoni dari customer yang telah menggunakan produk tersebut. Sehingga customer membagikan pengalamannya. Seperti, kalian mau membeli suatu produk lalu di laman web jualan mereka terdapat bagian yang berisi feedback review dari customer yang telah membeli. Hal ini dapat membuat calon pembeli lebih teryakini untuk membeli barang tersebut.

Salah satu strategi marketing ini pasti mempunyai manfaat. Mari kita simak penjelasan dari
manfaat strategi Storytelling Marketing ini.

1. Meningkatkan loyalitas pada pelanggan
Dengan menampilkan cerita yang menghubungkan customer dan brand membuat
loyalitas brand meningkat. Kenapa? Karena, dengan mengetahui nilai brand tersebut membuat keyakinan customer terhadap meningkat sehingga customer akan melakukan repurchase terhadap brand tersebut karena sudah mempunyai kepercayaan
terhadap brand.
2. Menarik perhatian customer
Adanya strategi ini dapat menarik perhatian customer untuk membeli. Seperti, kamu
sedang melihat-lihat baju lalu ada salah satu brand yang menarik perhatian kamu
karena brand tersebut menyajikan cerita yang relevan dengan kamu. Hal ini memperlihatkan bahwa brand yang menggunakan strategi ini dapat terlihat lebih menonjol dibanding brand lain.
3. Menyentuh emosi audiens
Kalian pernah melihat suatu brand yang video promosinya berisi bagaimana dampak
positif brand tersebut bagi sekitar? Kalau iya, itu menggunakan strategi satu ini. Dimana hal tersebut menyentuh emosi audiens sehingga mereka tertarik untuk membeli barang dari brand tersebut.

Oke, Immers! Jadi itulah informasi mengenai Jenis dan Manfaat dari Storytelling Marketing sebagai salah satu strategi marketing. Kalian pernah ga si melihat video marketing seperti diatas? Kalau iya, Coba bagikan pendapatmu ya, Immers!

Referensi:
Azkiya, G., & Azkiya, G. (2024, October 16). Mengenal Storytelling dalam Dunia Marketing
– Blog Pengembangan Skill & Potensi Diri untuk Masa Depan Karirmu. Blog
Pengembangan Skill & Potensi Diri untuk Masa Depan Karirmu -.
https://blog.skillacademy.com/storytelling-marketing-adalah

BigEvo. (2023, October 31). Storytelling Marketing: Pengertian, Jenis dan Penerapannya.
https://bigevo.com/blog/detail/storytelling

Ardiyanti, S. (2025, June 26). Mengenal Apa itu Storytelling Marketing dan Prosesnya.
Mekari Qontak. https://qontak.com/blog/storytelling-marketing/

Fadilah, N. L., & Huda, M. (2024). Pengaruh Storytelling Marketing dan Citra Destinasi
terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan Tourist Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Pengunjung Tanaria Park. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa
Humanis, 4(3), 1136–1147. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1053

Redirect notice. (n.d.).
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fidseducation.com%2Fpeng
ertian-proses-teknik-peran-storytelling-dalam-marketing%2F&psig=AOvVaw0YZ5yd
v182ioNoB_IH1oQm&ust=1754714598030000&source=images&cd=vfe&opi=8997
8449&ved=0CBgQjhxqFwoTCJio17Sz-o4DFQAAAAAdAAAAABAE