Brand Awareness: Tantangan dan Peluang Merek pada Platform Digital

Pernah membaca atau mendengar “Indomie Seleraku”? Apa yang langsung terbayang? Tentu saja Indomie, salah satu merek mi instan di Indonesia. Iklan yang menonjolkan rasa kesukaan semua kalangan /masyarakat Indonesia mengantarkan Indomie menjadi merek mi instan populer di Indonesia. Lalu, apa kaitannya dengan Brand Awareness?

Merek yang unik dan mudah diingat akan lebih mudah menarik perhatian konsumen. Menjadi fokus utama merupakan tujuan dari semua merek. Maka, merek adalah bintang utama yang seharusnya dengan mudah menarik perhatian dan menjadi pilihan utama setiap konsumen.

Seperti Indomie yang berhasil masuk ke dalam ingatan masyarakat Indonesia ketika memilih merek mi instan kesukaan mereka. Ini membuktikan bahwa Indomie berhasil dalam membentuk Brand Awareness yang tinggi. Brand Awareness yang tinggi akan meningkatkan penjualan. Maka, peran Bran

d Awareness menjadi salah satu kunci sukses dalam suatu perusahaan.

Di era teknologi yang berkembang pesat ini, kehadiran media sosial atau platform digital memberikan dan membuka berbagai peluang peningkatan Brand Awareness. Namun, terdapat tantangan yang tidak dapat dihindari dan perlu dihadapi. Beberapa tantangan yang muncul seperti:

  1. Persaingan yang ketat

Platform digital menjadi tempat termudah untuk memperkenalkan merek baru. Maka, merek yang muncul akan semakin banyak. Dengan meningkatnya jumlah merek, persaingan akan menjadi lebih ketat dan sulit. Memerhatikan pemilihan strategi serta inovasi unik dan kreatif akan membantu menarik perhatian konsumen.

  1. Perubahan perilaku konsumen

Setiap konsumen memiliki keinginan dan ketertarikannya tersendiri. Karena itulah setiap perilaku dan minat dari konsumen dapat berubah dengan cepat. Dengan perubahan ini, merek dituntut untuk terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan minat konsumen mereka. Penggunaan platform digital harus diperhatikan agar terus relevan dengan perubahan tersebut.

  1. Kepercayaan konsumen

Mudahnya iklan tersebar ke konsumen dari berbagai sumber, baik yang terpercaya maupun tidak terpercaya, menimbulkan tindakan kriminal yang menyesatkan dalam bentuk iklan. Penurunan kepercayaan konsumen menyebabkan konsumen lebih selektif dalam memilih informasi yang dipercayainya. Oleh karena itu, pentingnya menciptakan konten yang kredibel dan transparan.

 

Terdapat beberapa peluang yang diciptakan antara lain:

  1. Luasnya jangkauan

Dengan platform digital, proses penyampaian informasi tidak hanya bertemu langsung, namun dapat dilakukan di m26. ana saja dan kapan saja. Maka, untuk menjangkau konsumen akan semakin mudah dan luas. Tidak hanya untuk daerah tertentu, tetapi juga dapat menjangkau seluruh daerah nasional bahkan internasional. Namun, tetap perlu menargetkan konten berdasarkan demografi, minat, dan perilaku konsumen agar informasi yang diberikan efektif.
Image by: Xayo Travel

  1. Interaksi dan keterlibatan

Penggunaan platform digital memungkinkan terjadinya interaksi nyata antara konsumen dan merek. Berbagai cara untuk melibatkan konsumen seperti konten interaktif, kuis, perlombaan, dan giveaway. Secara tidak langsung, ini akan membantu membangun hubungan antara konsumen dan merek yang akan meningkatkan loyalitas merek. Namun, interaksi yang direncanakan atau diciptakan harus sesuai dengan regulasi yang berlangsung. Hal ini agar mengurangi dampak negatif dari interaksi yang menimbulkan efek negatif kepada merek.

  1. Penggunaan data dan analisis

Penggunaan platform digital menyediakan berbagai jenis informasi berupa data. Data inilah yang mempermudah merek untuk memahami perilaku dan minat konsumen dengan baik. Dengan data yang sudah ada, efektivitas suatu strategi dapat dinilai dan dipertimbangkan kegunaannya. Kemudian, penyesuaian strategi akan menciptakan konten yang relevan dan efektif.

5Citra merek dipengaruhi oleh bagaimana Brand Awareness-nya diciptakan. Semakin tinggi Brand Awareness yang tercipta, maka keberhasilan dipilihnya suatu produk oleh konsumen semakin bes

ar. Peluang dan tantangan muncul saat menggunakan platform digital sebagai media membangun Brand Awareness. Maka, pemanfaatan teknologi dan strategi yang tepat akan membantu menciptakan konten yang relevan dan menarik konsumen.

 

Referensi:

– https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/terateks/article/view/5107
– https://www.jurnal.id/id/blog/kenali-peluang-dan-tantangan-bisnis-di-era-digital/
– https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/16841
https://id.linkedin.com/pulse/kenapa-slogan-indomie-begitu-membumi-muhammad-sidiq-permadi

 

Syahfitri Yenjelina