Word of Mouth
Hallo Imers!!! Sekarang kita akan membahas apa sih sebenernya apa yang biasa orang sebut itu WOM.
Word of Mouth atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut selalu menjadi fenomena marketing yang menarik untuk dibicarakan. Beberapa orang pemasar mempunyai pandangan yang skeptis dan memandang rendah promosi macam ini, karena seringkali promosi macam ini memerlukan biaya yang sangat kecil, dan bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali. Promosi macam ini juga bisa cukup memberikan tantangan kepada macam promosi yang lain yang memerlukan biaya besar, seperti halnya iklan / advertising, dimana bila anda menginginkan visual, promosi, atau awareness yang tinggi, maka anda harus selalu membayar lebih.
Promosi Word of Mouth
Promosi mulut ke mulut ini dapat dibagi menjadi dua aspek, yaitu volume dan konten. Diantara dua aspek tersebut, volume adalah yang terpenting. Untuk dapat meneliti aktivitas word of mouth, disarankan untuk mengamati arah, jangkauan, tingkat aktivitas, dan nada / tone dari volume suara yang ada.
Jika informasi benar tersedia dalam word of mouth, setiap keputusan baru harus dibuat tentang bagaimana kita harus bereaksi. Sebuah saran untuk para marketer, yang mempunyai pengetahuan tentang word of mouth mengenai suatu perusahaan atau produk, harus menanyakan kepada diri mereka, “Apakah ini masalah komunikasi atau performance?”. Komunikasi lebih sulit untuk diperbaiki karena mereka berada di luar kontrol langsung perusahaan. Masalah performance dapat dikoreksi dengan lebih cepat, tapi penting untuk memberitahu pelanggan dan publik mengenai hal tersebut. Perusahaan dianggap perlu memahami akan pentingnya word of mouth ini untuk kesuksesan dan perkembangan perusahaan tersebut.
Sumber: http://www.marketing.co.id/promosi-cepat-gratis-dan-cepat/