PENINGKATAN TAMPILAN PACKAGING DI BULAN RAMADHAN

Creator: Andrea Piovesan 

Copyright: Andrea Piovesan

 

Di bulan puasa Ramadhan ini, meningkatkan daya tarik packaging merupakan salah satu kunci marketing bagi banyak pemilik bisnis. Konsumen cenderung lebih mengutamakan tampilan produk dibandingkan kualitas atau rasa. Maka dari itu, banyak pebisnis berlomba-lomba untuk meningkatkan tampilan packaging di bulan Ramadhan agar semakin menarik perhatian pelanggan.

 

Packaging yang sesuai dengan tema Ramadhan bisa membantu meningkatkan daya tarik produk yang dapat membantu penjualan. Selain itu, packaging dengan desain Ramadhan juga akan menjadi poin plus bagi brand karena konsumen akan dengan mudah mengenal produk.

 

Ditambah lagi, pebisnis akan mendapatkan kesempatan untuk berinovasi dalam pembuatan packaging tema Ramadhan, dengan menambahkan motif khusus seperti motif arabesque. Dengan adanya keseriusan mengenai desain-desain baru, konsumen akan mendapatkan kesan profesionalitas pebisnis baik dalam pemahaman consumer-demand maupun secara citra bisnis.

 

Salah satu contoh perusahaan yang meningkatkan tampilan packaging di bulan Ramadhan adalah PT Indofood pada tahun 2021 yang merilis penampilan packaging baru Indomie. Jika biasanya packaging Indomie didesain dengan semangkok piring dengan olahan mie yang sedap diatasnya, kali ini, packaging baru edisi Ramadhan tampak simple dengan gambar semangkok kosong yang terdapat tulisan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”. Strategi marketing ini membuat banyak netizen heboh dan menjadi perbincangan di media sosial. Meskipun perilisan packaging Indomie edisi Ramadhan ini tidak mengubah sedikitpun rasa dan komposisi seperti Indomie biasa, tetapi daya tarik kemasan baru ini tetap mengundang banyak konsumen sehingga penjualan Indomie mengalami kenaikan.

 

Peningkatkan tampilan packaging, selain tentang menciptakan kemasan yang menarik dalam bentuk visual, namun juga tentang menyampaikan nilai-nilai yang memiliki relevansi dengan konsumen. Packaging dapat dijadikan sebagai wadah penyalur makna lebih dalam mengenai nilai-nilai kebersamaan dan kesederhanaan yang menjadi bagian penting dari bulan Ramadhan ini. Dengan menciptakan packaging yang bisa membangun emosi dan meninggalkan kesan baik bagi konsumen, pebisnis dapat menggenggam hubungan yang lebih erat dengan pelanggan dan memperkuat loyalitas terhadap brand mereka.

Refrensi

(2023) .Perlunya Upgrading Kemasan saat Ramadhan: Membuat Produk Kalian Tampil Lebih Menarik https://yogyakartas.com/artikel/perlunya-upgrading-kemasan-saat-ramadhan-membuat-produk-kalian-tampil-lebih-menarik/

Felycia Therio