Analisis Strategi Marketing Dalam Berjualan Takjil Pada Bulan Ramadhan

Pemasaran sebuah produk yang baik, harus memenuhi beberapa syarat yakni beberapa diantaranya ialah adaptasi, fleksibel, dan selalu relevan dengan pelanggan yakni salah sebuah Upaya bagi sebuah usaha atau produk untuk tetap relevan ialah dengan menyesuaikan diri dengan events yang terjadi saat kini seperti “Ramadhan”

Banyak dari Masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk menjual “Takjil”. Adapun saat ini takjil dimaknai sebagai makanan pembuka saat maghrib atau Ketika buka puasa tiba

Maka dari itu berikut beberappa tips pemasaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan takjil yakni diantaranya sebagai berikut:

Produk Spesial: Menawarkan takjil khusus yang hanya dapat dibeli selama bulan Ramadhan dapat menarik pelanggan. Anda dapat menambahkan desain baru ke produk yang sudah ada atau membuat produk baru untuk Ramadhan.

Promosi Pengiriman Gratis atau Ongkir

Memberikan potongan biaya kirim atau bahkan gratis pengiriman dapat menarik pelanggan lebih banyak, mendorong mereka untuk membeli takjil dari bisnis Anda.

Pemasaran Online: Untuk mempromosikan penjualan takjil Anda, Anda dapat menggunakan media sosial dan platform online lainnya untuk membuat konten yang menarik, memposting foto produk, dan berhubungan dengan pelanggan potensial untuk meningkatkan kesadaran merek Anda.

Kemitraan dengan Restoran atau Warung

Bekerja sama dengan restoran atau warung lokal untuk menjual takjil Anda dapat membantu Anda menarik pelanggan lebih luas. Anda dapat menawarkan produk takjil Anda sebagai bagian dari menu restoran atau warung tersebut.

Spanduk dan Brosur

Untuk mempromosikan penjualan takjil Anda, gunakan spanduk dan brosur yang menarik. Pastikan kata-kata yang digunakan menarik perhatian pembeli dan memberikan informasi produk yang jelas.

 

Kualitas dan Kebersihan

Pastikan takjil yang Anda jual memiliki kualitas yang baik dan diolah dengan cara yang higienis. Ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka.

Kolaborasi dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer atau tokoh terkenal di media sosial dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Influencer dapat meningkatkan kesadaran merek dan penjualan produk Anda melalui rekomendasi mereka kepada pengikut mereka.

Diskon dan Promo

Promosi “beli satu gratis satu” atau diskon khusus dapat menarik pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli lebih banyak takjil dari bisnis Anda.

 

Pelayanan Pelanggan yang Baik

Tangani pelanggan dengan ramah dan responsif, jawab pertanyaan dan keluhan mereka dengan cepat, dan ciptakan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Kemasan Menarik

Kemasan takjil yang mencerminkan kualitas produk dan menarik minat pelanggan dapat membuat takjil Anda lebih menonjol dari pesaing. Pastikan desain kemasan takjil Anda menarik dan menarik

 

Demikian tips strategi pemasaran yang dapat dilakukan dalam berjualan takjil pada bulan Ramdhan, semoga membantu

 

Sumber :

https://news.detik.com/berita/d-6636373/apa-arti-takjil-ini-pengertian-dan-makna-sebenarnya

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-raih-keuntungan-di-bulan-ramadan/

https://umkm.kompas.com/read/2023/03/16/160639683/5-strategi-marketing-untuk-naikkan-penjualan-di-bulan-ramadhan?page=all

https://www.malutpost.id/2024/03/23/yuk-bekali-diri-dengan-tips-berikut-ini-sebelum-war-takjil-lagi/#google_vignette

 

Aliya Rizqan Karima