Golden Ticket is a Marketing

Di dalam sebuah perlombaan, terdapat sebuah tiket yang hanya bisa didapat oleh beberapa orang yang memiliki bakat atau prestasi yang bagus, yang dapat membuatnya menjadi pembeda dari orang lain, biasanya tiket ini akan membuat semua orang lain merasa iri dan membuat orang yang mendapatkan nya menjadi eksklusif atau khusus. dalam konteks ini membahas mengenai Pemasaran, dan berbicara tentang pemasaran, tentu orang akan berpikir bahwa ini hanyalah hal umum dan tidak penting, orang akan berpikir bahwa belajar pemasaran hanya membuang waktu saja dan lebih baik mempelajari akuntansi dan ilmu ekonomi lainnya, biasanya Masyarakat akan berbicara seperti  “Pemasaran kan hal umum, semua orang juga bisa jadi seorang Pemasar, jadi tidak memerlukan studi dan kuliah lagi” banyak sekali pemikiran seperti itu yang membuat pemasaran begitu rendah dan dianggap remeh. Kenyataan nya tidak, ilmu Pemasaran sering digunakan dalam kehidupan sehari hari, dan merupakan kunci penting atau bisa disebut sebagai “Golden Ticket” di dalam dunia bisnis. 

Sebuah teknik untuk menciptakan, menyampaikan, dan menukarkan sebuah tawaran dan informasi tentang pemasaran yang penting dan bermanfaat kepada publik atau bisa disebut dengan pemasaran, kita sebagai manusia ketika ingin mengetahui sebuah informasi tentu akan bertanya kepada orang lain atau apabila seorang pelanggan ingin menanyakan mengenai suatu produk maka ia akan diarahkan kepada bagian pemasar atau Sales, biasanya orang itu akan menanyakan beberapa hal yang ingin diketahui nya, disinilah ilmu pemasaran akan digunakan. Dimana para pemasar yang ahli akan menggunakan semua kekuatan nya, dimulai dari menentukan target pemasaran, menyusun strategi pemasaran, menggunakan “marketing approach”,  melakukan analisis SWOT, lalu yang terakhir melakukan evaluasi dari hasil tahapan sebelumnya, tahapan pemasaran diatas akan  seimbang dengan keunggulan dan keunikan dari sebuah produk, biasanya hal tersebut merupakan kekuatan dari pemasaran dimana mereka bisa menggunakan kekuatan dan keunikan produk sebagai istilah untuk menarik minat konsumen, tetapi pemasar pada umum nya akan menanyakan apa saja kebutuhan para konsumen dan selanjutnya akan diarahkan kepada produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut. Setelah semua tahapan sudah ditetapkan dan dilaksanakan, maka pemasaran akan berjalan sesuai rencana, tetapi analisis teori seperti ini tidak akan bisa semudah dengan apa yang terjadi di lapangan, dimana terdapat beberapa perusahaan atau pemasar yang gagal atau bahkan pemasaran nya tidak membuat masyarakat tertarik.

Selain melaksanakan tahapan diatas, marketing juga bisa dilaksanakan dengan mengikuti era yang ada, yaitu dunia digital, Digital marketing merupakan suatu proses perencanaan, dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi, dan juga distribusi (Kleindl dan Burrow(2005)), digital marketing tentu sangat luas mengenai aspek yang dapat dikaji dan di implementasikan, seperti melaksanakan pemasaran secara online, membuat poster dan pemberitahuan penting di dalam social media, melakukan seminar, mengajak kerja sama artis artis atau youtuber terkenal, tidak hanya itu saja jangkauan dan jumlah konsumen di dunia digital lebih ramai dan mudah dijangkau dibandingkan secara terjun langsung atau offline. terdapat beberapa jenis pemasaran digital seperti Website, Social Media Marketing, Online Advertising, Email Marketing, dan video marketing. Berbeda dengan pemasaran langsung atau Direct Marketing di dalam pemasaran digital terdapat beberapa teknik khusus seperti berikut di bawah ini:

 

  • Menyiapkan alat yang digunakan untuk Pemasaran

 

Berbeda dengan pemasaran langsung, di dalam dunia digital, semua kegiatan sudah menggunakan alat bantu seperti Internet, Website, Social Media, Blog, yang dapat memudahkan proses pemasaran

 

 

  • Menyiapkan Konten yang menarik

 

Cara yang paling efektif untuk menarik minat konsumen untuk melihat produk kita adalah dengan membuat sebuah video atau teknik pemasaran digital yang unik dan dapat mengecohkan fokus nya, seperti kita membuat kue ulang tahun, dengan mendesain nya dengan bentuk yang indah dan pilihan warna yang sesuai maka dapat menarik minat masyarakat untuk membelinya.

 

 

  • Memulai menggunggah dan mengevaluasi

 

Setelah membuat konten yang menarik, selanjutnya kita dapat menggunggah nya agar bisa dilihat oleh seluruh masyarakat secara online dan sama seperti pemasaran langsung, terdapat evaluasi dan juga peninjauan ulang mengenai pemasaran yang sudah dilaksanakan.

Tahapan diatas tentu akan berbeda hasilnya dengan pemasaran langsung, apalagi era sekarang, masyarakat sudah beralih ke pada dunia digital, dan menghabiskan banyak waktu untuk melihat layar kaca yang berada di genggaman nya (Handphone). Beberapa perusahaan juga sudah memulai ide bisnis digital dan melakukan pemasaran digital.

 

Terdapat beberapa orang yang teknik pemasaran nya berhasil dan membuat banyak masyarakat tertarik dengan produk atau layanan nya, seperti William Tanuwijaya yang memiliki Tokopedia, dan Adamas Belva Devara yang merupakan pendiri Ruang Guru. Disinilah Golden Ticket terbentuk dimana dengan aspek pemasaran yang berhasil perusahaan Tokopedia, dan Ruang Guru berhasil mengembangkan sayapnya dan mendatangkan banyak konsumen untuk berbelanja di Tokopedia dan belajar ilmu pengetahuan di Ruang Guru. dan menjadikan nya sebagai ciri khas, bisa kita lihat bahwa perusahaan dengan sistem pemasaran yang efektif dan berhasil menarik minat para konsumen. 

 

Dengan tekad yang baik dan menggunakan teknik yang teratur dan sesuai, semua usaha tidak akan pernah gagal, dan kunci kesuksesan sebuah bisnis salah satu nya adalah Pemasaran, dengan sebuah Marketing, perusahaan akan dikenal oleh banyak masyarakat, dan dari sana mulai muncul celah kesuksesan dari sebuah perusahaan dimulai dari customer yang mengenali keunggulan produk dari yang biasa saja menjadi luar biasa dan  menjadi pelanggan setia yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Ini merupakan arti dari judul diatas yang berjudul “Marketing is an Golden Ticket” dimana tiket emas yang dimaksud adalah sebuah pemasaran akan menuntun, memberikan jalan sukses kepada para pengusaha atau perusahaan diluar sana.

 

 Isitilah Golden Ticket juga mengacu kepada Digital marketing dimana dengan hadirnya era digital, pemasaran bisa menjadi berkembang dan menunjukkan kekuatannya kembali, lalu era digital seperti memberikan nafas baru dan ailran angin yang segar bagi dunia bisnis, Aspek bisnis dan sistem pemasaran yang dulu nya terbatas kini kian meluas dan menjelajah ke dalam dunia digital berkat hadir nya era ini, banyak sekali pengusaha atau pemilik bisnis yang berbicara tentang dampak era digital sangat membantu bisnis nya. selain itu keuntungan yang mereka miliki juga naik seiringan dengan meningkatnya minat dan jumlah masyarakat yang aktif di dalam media sosial. kesimpulannya bahwa era digital menghadirkan solusi untuk mengembangkan dunia bisnis agar bisa menarik dan dapat meningkatkan dunia bisnis dan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di Indonesia.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Anonymous. (2021). Fungsi Penting Marketing Dalam Perusahaan yang jarang Anda Ketahui, https://www.jurnal.id/id/blog/2018-fungsi-penting-dari-marketing-dalam-perusahaan-yang-jarang-anda-ketahui/. diunduh  pada 07 November 2022.

 

Pratamah, Fabian  K. (2021). Top 10 Digital Marketer terbaik terbaik Indonesia tahun 2020. Diakses pada 07 September 2022, dari https://teknologi.id/sosok/top-10-tokoh-digital-marketer-terbaik-indonesia-tahun-2020 . diunduh pada 07 November. 

 

Indeed, (2021). What makes a good marketer qualities and tips . https://www.indeed.com/career-advice/career-development/good-marketers . diunduh pada 07 November 2022. 

 

Faradilla A (2022). Apa itu Digital Marketing? Definisi, Manfaat dan Strateginya. dari https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-digital-marketing . diunduh pada 08 November 2022. 

 

Anonymous (2019). Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Strategi Digital Marketing.

dari https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/ . di unduh pada 08 November 2022.