Apa saja sih Konsep Pemasaran itu?

Konsep Pemasaran adalah strategi yang ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan penjualan, memaksimalkan keuntungan penjualan dan memenangkan persaingan dipasar. Dimana, Konsep Pemasaran terbagi menjadi 5 fokus, yaitu:

  1. Produksi

Perusahaan cenderung fokus kepada produksi massal guna mengurangi biaya produksi dan efisiensi kegiatan produksi peusahaan. Karena produksi yang massal yang bahkan melebihi permintaan yang ada, maka distribusi juga dilakukan secara bersar-berasan guna menarik perhatian konsumen.

  1. Produk

Perusahaan akan berfokus kepada pengembangan kualitas, fitur dan kinerja produk dibandingkan dengan faktor lainnya. Anggapan jika semua hal tersebut ditingkatkan dan lebih unggul dari pesaing, maka konsumen akan lebih menyukainya.

  1. Penjualan

Perusahaan berfokus pada transaksi penjualan dibandingkan dengan loyalitas konsumen, karena itulah strategi penjualan yang dilakukan akan menjadi lebih agresif. Perusahaan focus kepada target dan keuntungan penjualan. Konsep ini berarti menjual apa yang perusahaan inginkan, bukan menjual apa yang pasar butuhkan.

  1. Pemasaran

Perusahaan berfokus pada ‘pelanggan’, tentang apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Perusahaan bukan menemukan pelanggan melainkan menemukan produk yang tepat untuk pelanggan mereka. Konsep seperti ini membuat perusahaan menjaga loyalitas pelanggan dengan baik.

  1. Pemasaran Sosial

Perusahaan tidak hanya berfokus kepada pelanggan, namun juga kepada kesejahteraan dan tanggung jawab sosial serta lingkungan. Perusahaan memberikan nilai tambahan kepada pelanggan dengan mewujudkan peningkatan kesejahteraan social diatas keuntungan dan memuaskan keinginan.

 

Setelah membaca 5 jenis Konsep Pemasaran diatas pasti teman-teman sadar bahwa setiap konsep pada dasarnya memiliki nilai tersendiri dalam pengaplikasiannya. Jadi menurut teman-teman sekalian, konsep mana nih yang paling efektif dan berguna bagi suatu bisnis?

Oleh: Angeline

Referensi:

https://www.iedunote.com/marketing-concepts#9-societal-marketing-concept